Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

22 Desember 2014

Larangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi

Larangan Makanan Bagi Penderita Hipertensi

Menjadi seorang mahasiswi sekaligus perawat pasien hipertensi merupakan pekerjaan yang belum pernah aku bayangkan sebelumnya. Aku adalah seorang cewek muda yang harus hijrah ke kota Yogyakarta karena harus meneruskan studi S1 ku di Universitas Gadjah Mada. Meski harus berjauhan dari orang tuaku yang ada di Lembang, aku tak merasa khawatir karena ada kakekku disini. Namun demikian, dibalik semua kebahagiaanku menjadi mahasiswi aku harus merawat kakekku yang menderita hipertensi. Hipertensi alias penyakit tekanan darah tinggi merupakan suatu gejala penyakit dimana tekanan darah melampaui tekanan darah normal sebesar 90/120 mmHg.

 

Saat pertama kali menjalani kehidupanku sebagai mahasiswi aku butuh penyesuaian, terutama pengontrolan pola makan dan menu yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh kakekku itu. Akan tetapi, hal ini justru malah membuatku semakin pintar dalam menyeleksi menu sehat dan menjaga kesehatan tubuh agar tidak seperti kakekku. Berbagai saran dokter dan artikel kesehatan terpercaya dari internet berhasil aku kumpulkan dan berikut ini adalah daftar makanan yang wajib dikurangi atau bahkan dihindari oleh penderita hipertensi agar tidak semakin parah.

 

1. Garam

 

Semua orang tentunya tahu kalau garam menjadi pemicu utama gejala tekanan darah tinggi. Selain dapat memicu tekanan darah tinggi, garam juga dapat menyebabkan kerusakan jantung. Garam terutama yang mengandung iodium memang benar dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun demikian kuantitas garam tidak berlebih dan sebaiknya kurang dari satu sendok teh tiap harinya.

 

2. Makanan olahan cepat saji

 

Gaya hidup masa kini yang menginginkan semua serba instan memang tak bisa dihindari. Banyak makanan siap saji membanjiri pasar dan jika tidak berhati-hati maka bisa-bisa aku mencelakai kakekku sendiri. Diantara banyak makanan cepat saji adalah mie instan, sarden, kornet, aneka cemilan dan sebagainya. Makanan olah cepat saji ini memang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi banyak-banyak. Selain dapat meningkatkan resiko hipertensi, makanan olahan cepat saji biasanya banyak mengandung bahan pengawet yang tidak sehat.

 

3. Gula

 

Hipertensi memang sering tidak dikaitkan dengan gula karena gula lebih identic dengan penyakit diabetes. Namun demikian, gula ternyata juga berpengaruh terutama pada peningkatan berat badan yang bisa menyebabkan diabetes. Saat seseorang sudah terkena diabetes maka ia akan lebih rawan terserang hipertensi.

 

4. Lemak

 

Konsumsi lemak jenuh dan trans dalam berbagai produk makanan memang harus dihindari oleh penderita hipertensi. Pasalnya, sama seperti halnya dengan gula, lemak dapat memicu naiknya berat badan dan secara otomatis kenaikan berat badan berlebih akan menimbulkan obesitas yang rawan hipertensi.

 

5. Alkohol

 

Minuman beralkohol berat maupun ringan memang harus dihindari. Alasannya karena alcohol dapat menyempitkan pembuluh darah dan membuat aliran darah tidak lancar. Saat pembuluh darah menyempit maka tekanannya makin tinggi dan menyebabkan hipertensi yang parah.

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

hippers

Penulis

Hippe

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login