Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

24 April 2014

Muhaimin Iskandar tentang Pemimpin Yang Ideal

Muhaimin Iskandar tentang Pemimpin Yang Ideal

Terus terang, kalau kita bicara soal calon presiden untuk Pemilu tahun depan dari PKB, ada yang sangat menarik disini. Ya, siapa lagi kalau bukan calon presiden dari PKB yang sudah sangat terkenal dan bisa dibilang legenda, legenda di dunia musik Indonesia, yaitu Rhoma Irama. Masalahnya, apa Rhoma Irama suka blusukan dan tak mengumbar janji?

Kenapa? Aku membaca pernyataan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar kemarin yang mengatakan bahwa rakyat lebih suka pemimpin yang mempunyai 2 sifat, yaitu blusukan dan tak mengumbar janji.

Dan yang membuat aku sedikit heran, Muhaimin juga menyampaikan ternyata rakyat juga suka pemimpin yang gaul. Bukan, bukan gaul ala alay. Tetapi, tahulah, bagaimana pemimpin yang tidak mempunyai jarak atau membatasi dirinya dengan rakyatnya.

Memang, pemimpin yang ingin terlihat sebagai seorang pemimpin, raja atau komandan bagi rakyatnya, sekarang sudah tidak populer lagi. Rakyat lebih senang pemimpin yang tahu apa yang baik untuk rakyatnya dan melakukan kerja yang nyata-nyata bisa dilihat dan dinikmati hasilnya oleh rakyat.

Terus apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin macam ini? Muhaimin Iskandar juga memberikan solusi tentang hal ini khususnya untuk para kader dari PKB. Caranya mudah, mereka harus mempunyai pola komunikasi yang lebih personal daripada cara komunikasi yang lainnya. Apa adanya dan nggak perlu neko-neko deh, kalau bisa kita simpulkan.

Dan menurut Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin Iskandar, ada tradisi di masyarakat, dan untuk PKB, tradisi di NU yang bisa digunakan untuk mencetak pemimpin yang gak neko-neko dan apa adanya ini. Cak Imin menyebutkan tradisi seperti salat berjamaah, ziarah ke makam wali dan ulama dan istiqosah bisa menjadi sarana untuk mendekatkan pemimpin ke rakyatnya.

Manteb banget kalau bisa aku bilang dengan visi Cak Imin. Tapi, yang paling penting disinikan Pemilihan Legislatif. Bila PKB mampu mendapatkan 20 persen suara, tentunya berhak untuk melaju ke babak final yaitu pemilihan Presiden. Pertanyaannya, apa bisa PKB mencapai target ini? Kita tunggu saja Pemilu tahun depan.

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Cerita Terkait

Baca cerita lainnya...

karomankari

Penulis

Karoman

supel, dan cenderung serius

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login