Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

30 Oktober 2014

Promosi Usaha

Promosi Usaha

Promosi merupakan salah satu aspek usaha yang sering terlupakan oleh para pemilik dan pengelola usaha. Jikapun promosi tersebut tidak terlupakan, tetap saja banyak pemilik dan pengelola usaha yang belum menyadari betapa pentingnya promosi sehingga memutuskan untuk meminimalisir atau bahkan meniadakan promosi. Ini biasanya lebih sering terjadi pada usaha dengan modal mengengah ke bawah.  Apalagi karena promosi sendiri memang tidak terlihat bakalan langsung mendatangkan keuntungan seperti penjualan, maka promosi memang sering dipandang sebelah mata. Padahal nalarnya begitu, jika usaha tersebut tidak melakukan promosi yang tepat, maka usaha tersebut keberadaannya tidak mudah terdeteksi oleh orang-orang yang bisa menjadi calon pembeli dan jika calon pembeli tidak akan melakukan pembelian. Sebenarnya bisa saja para pengelola usaha mencoba mendeteksi seberapa efektif dan efisienkan usaha promosi mereka dengan mencoba mencari tahu dari mana para pembeli tersebut mengetahui keberadaan usaha tersebut. Ketika dirasa bahwa pengaruh dari promosi memang belum seperti yang diinginkan, janganlah langsung mengkambing hitamkan promosi itu sendiri. Promosi tersebut bukan kemudian seharusnya ditiadakan, tapi seharusnya dicari tahu kenapa belum efektif dan promosi macam apakah yang akan lebih efektif dalam menghadapi pasar yang Anda tuju. 

Dulunya aku sendiri merasa promosi itu adalah sesuatu yang berlebihan dan merupakan pemborosan. Tapi suatu pengalaman pribadi telah mengajarkanku betapa promosi tersebut adalah hal yang vital dan promosi tidaklah harus mahal. Kita sebenarnya dapat mempergunakan berbagai media yang disediakan secara gratis untuk melakukan promosi, namun ini berarti bahwa kita harus memiliki pengetahuan yang luas tentang berbagai media. Saat ini banyak usaha yang telah menggunakan berbagai jejaring social sebagai usaha mereka untuk mendapatfasilitas promosi yang tidak memerlukan biaya tambahan. Hanya saja, agar media ini bisa menjadi media yang efektif, kita harus selalu berusaha untuk selalu mengupdate berbagai informasi yang ada di dalamnya, apalagi jika kita memiliki program diskon terbatas ataupun promosi bulanan. Kita jgua bisa mengganti isi dari berbagai situs tersebut kapanpun kita mau, sehingga pastinya akan sangat disayangkan jika fasilitas ini tidak dipergunakan sebaik mungkin. Jika situs jejaring social milik kita tidak pernah diperbarui, pastinya orang malas untuk sering melihatnya.  

Jika dikelola dengan baik, usaha makanan bisa dikatakan menjadi usaha yang sangat menguntungkan. Makanan yang diolah bisa memberikan keuntungan lebih dari seratus persen bagi para pemiliknya. Memang dalam usaha pengolahan makanan, biaya terbesar adalah biaya pengolahannya atau bisa dibilang, biaya tenaga pembuatnya. Jika kamu adalah salah satu orang yang beruntung karena memiliki kemampuan untuk mengolah makanan sehingga menghasilkan rasa yang unik, maka sebaiknya kamu tidak menyia-nyiakannya dan memberanikan diri membuka usaha sendiri. Jangan takut jika modalmu memang tidak besar karena usahamu bisa saja hanya warung di rumah sendiri jika memang lokasi rumah bisa menjanjikan. Sambil membuka warung kecil-kecilan dan mempromosikannya di internet, para pelanggan juga bisa memesan berbagai makanan lainnya. Caranya tidak sulit, cukup membuat satu contoh porsi dan membuat foto yang paling menarik selera makan, kemudian mempostingnya di berbagai media tersebut.

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

sinarbisnis

Penulis

Sinar Bisnis

ulet, ambisius, agak keras kepala, tapi kata temen2 sih gue baik, hehehe

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login