Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

24 Oktober 2014

Tips Menghadapi Penyidik Kepolisian

Tips Menghadapi Penyidik Kepolisian

Mas and Mba bro, belajar dari pengalaman gue disaat menghadapi penyidik dari kepolisian atas tuduhan yang memang tidak gue lakukan ( Klarifikasi ) dan ini murni dijebak saat itu, tapi disini gue nggak bahas mengenai sandiwara penjebakan itu, mengingat masih mempertimbangkan banyak hal. Namun, disini akan gue coba berbagi pengalaman, walau tidak banyak siih.

Bermula dari penangkapan gue yang nggak jelas jundrungan dan penyebabnya, tiba-tiba tiga orang berbadan tegap memaksa untuk masuk ke dalam mobil avanza hitam, dan bener-bener sock gue hadapin ulah mereka. Akhirnya gue terpaksa ikut ke kantor POLSEK ( demi menghormati korps ) kita tidak sebutkan nama-nya.

Hampir empat jam, dari pukul tujuh malam sampai jam dua pagi, baru dapet giliran untuk ditanya segala tetek-bengek, kronologis yang nggak jelas dan memang nggak tahu bentuk tuduhan dan alasan penangkapan tanpa surat panggilan ( seinget gue seperti itu ) tuduhan pertama katanya gue dan keluarga mendirikan usaha tanpa ada surat resmi.

Padahal sebelum sudah diceritakan sama kaka ipar gue, bahwa surat itu hanya satu hari lagi jadi, mengingat notarisnya sibuk. Jadi tertunda seharian. Namun, namanya dikandang ‘macan’ kucing hanya bisa mendesir saja, mereka terus membredel gue dengan segabrek pertanyaan, pake ada acara marah dan kesal-nya si petugas. Dia pikir dengan nge-geretak, sikologis gue jatuh? Nah, ini beberapa cara menghadapi penyidik.

Pertama, loh harus tenang maaan! Jangan gerogi atau memperlihatkan mental kita jatuh. Jadilah orang yang paling tenang di saat itu, anggaplah mereka seorang guru konseling saat kita sekolah, maka dengan begitu kita bisa tenang. Kedua, hati-hati ada pertanyaan yang menjebak dan terkesan kita memang harus mengaku bersalah, pertahankan pendirian loh, kalo memang benar.


Ketiga, jangan menjawab pertanyaan bertele-tele, jawab dengan tegas dan jangan mesang wajah melas atau mengharap kasihan, cobalah tegar. Keempat, cermati dan teliti setiap kali kita dilempar pertanyaan yang menurut diri kita, tidak sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya. Kelima, awas dan bersikaplah keorperantif dengan segala apa yang diperintahkan pihak penyidik.

Jangan sampai kita terjebak dengan sikap si penyidik. Mudah-mudahan tips ini bermafaat ketika ceriters menghadapi atau berurusan dengan pihak aparatur penegak hukum ( katanya ).

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

maura

Penulis

maura andita

single and simple aja siih...

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login