Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

28 Juli 2014

Asal muasal nenek moyang orang Minang Kabau bagian 2

Asal muasal nenek moyang orang Minang Kabau bagian 2 Minang kabau tidak terlepas dari segala mistis adat yang selalu dianggap sebagai hal yang suci dan sangat di sakralkan bagi orang minang kabau itu sendiri,tapi dari mana asal orang minang kabau itu sendiri? Pertanyaan ini sering mendapat berbagai kontroversi dari dalam kehidupan sastra.nenek moyang orang minang kabau itu sendiri dikait-kaitkan dengan Iskandar Zulkarnaen,atau yang sering di sebut Alexanders zulkarnaen,atau Alexanders de Greats,yang mana orang ini adalah seorang kaisar dari kerajaan Macedonia yang pernah melakukan ekspedisi ke wilayah timur,dan salah satunya daerah minang kabau itu sendiri.


Namun yang sering muncul pertanyaan dari mana beliau mendapatkan gelar zulkarnaen tersebut,konon ada yang menyebutkan beliau mendapatkan gelar tersebut dari salah seorang raja melayu yang pernah memerintah di wilayah minang kabau,bahkan dalam kisahnya Alexanders de greats pernah mengusir orang-orang dari kerajaan mongol yang pernah memasuki daerah minang kabau,bahkan berkat atas jasanya beliau di beri gelar iskandar zulkarnaen oleh raja melayu tersebut.


Apakah beliau juga pernah menjadi raja di wilayah minang kabau?pertanyaan ini juga pernah di kait kaitkan oleh siapa sebetulnya zulkarnaen tersebut,apakah ia pernah memerintah sebelum Alexanders de greats datang? Pertanyaan ini sering membuat kekeliruan diantara pengamat sastra.memang asal muasal dari nama zulkarnaen tersebut sangat terlalu mistis untuk di persoalkan.


Tapi bagaimana pun juga meskipun sejarah minang kabau ini sering menimbulkan kontroversi diantara para pengamat sastra, namun tetaplah menjadi sebuah idiologi sendiri bagi masyarakat minangkabau,nama Iskandar Zulkarnaen atau Alexanders Zulkarnaen semakin lama terus di akui sebagai nenek moyang orang minang kabau hal ini juga di perkuat adanya sebuah Arsip yang dulu pernah di tulis oleh Alexanders de greats ketika ia berada di minang kabau dan memperkuat keyakinan bahwa ia dulu pernah memerintah di minang kabau.


Di wilayah pesisir sumatera barat nama alexanders de greats begitu dikenal sebagai seorang ajudan yang pernah bekerjasama dengan kerajaan indera pura,bahkan beliau pernah menguasai wilayah pesisir dan membuat kerajaan-kerajaan kecil di sana.basisit-basistnya pernah beliau peprpanjang hingga ke wilayah muko-muko Bengkulu.


Bahkan kabarnya beliau mendapatkan gelar zulkarnaen dari sana,bahkan kerajaan di wilayah pesisir begitu menjanjungkan nama zulkarnaen sebagai nama gelar khas kerajaan dari wilayah pesisir sumatera barat dan Bengkulu.


Meski timbul perdebatan kenapa orang Asinglah yang menjadi daya tarik pemakaian gelar zulkarnaen tersebut.karena di minang kabau dahulu pernah terkenal nama raja-raja dari daerah daratan minang kabau seperti raja adityawarman dari kerajaan pagaruyung meskipun beliau juga bukan orang asli minang kabau beliau berasal dari keluarga maja pahit,tetapi kabarnya Alexanders de greats terlebih dahulu ada sebelum raja adityawarman dari kerajaan pagaruyung.


Meskipun begitu hubungan dari sejarah masyarakat pesisir dan masyarakat daratan minang kabau harus tetaplah di pererat.masyarakat daratan minang kabau tetaplah menjaga mistis dari kelarasan koto piliang dan kelarasan budi caniago sebagai sumber dari kelarasannya,sedangkan masyarakat pesisir tetaplah menjaga daya tarik sebagai kerajaan melayu di minang kabau,meskipun nama seorang zulkarnaen harus tetap menjadi misteri dan tetaplah menjadi legenda tersendiri bagi sejarah minang kabau.


Bagaimana pun nama iskandar zulkarnaen harus tetap di kenang dan di pandang sebagai bagian dari sejarah orang minang kabau itu sendiri,tidaklah perlu di perdebatkan dari mana dia berasal dan tidak perlu di perdebatkan siapa orang yang pernah ada sebelum beliau.


Tetapi nama zulkarnaen tetaplah sesuatu yang memiliki nilai historis dan nilai yang sacral bagi sejarah orang minang kabau itu sendiri.



Penulis =yopi yunaldes
Tlp =085274193886


  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

yopiyunaldes@yahoo.co.id

Penulis

yopi yunaldes

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login