Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

30 Juli 2014

Dari Benyamin Sampai Bing Slamet, Inilah 29 Aktor Indonesia Paling Berpengaruh!

Dari Benyamin Sampai Bing Slamet, Inilah 29 Aktor Indonesia Paling Berpengaruh! Bukan hanya aktor-aktor besar Hollywood saja yang mempunyai cerita berpengaruh di industri pefilman, Indonesia juga punya lho sederet aktor-aktor yang tak kalah berpengaruh. Mereka mempengaruhi industri perfilman Indonesia mulai dari dedikasi, hingga jasa-jasa mereka dalam membantu membentuk dan membangun kejayaan perfilman lokal.

Kita sebut saja Benyamin Sueb, aktor peraih peraih dua kali Piala Citra (1973 & 1977) ini memiliki pengaruh yang besar bagi dunia film, dan juga bagi para generasi penerus. Walaupun Bang Ben telah tiada 17 tahun lalu, karya-karyanya tidak akan akan pernah terlupa dan akan selalu menjadi inspirasi bagi para seniman muda, hal ini dibuktikan dengan terpilihnya Benyamin S sebagai penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa, versi majalah Rolling Stones tahun 2010.

Ada pula Soekarno M Noor, aktor watak berdarah Sumatera ini kurang lebih telah membintangi sekitar 83 judul film, dan 3 kali mendapatkan penghargaan di Festival Film Indonesia. Permainan aktingnya dipuji banyak orang, termasuk dari kalangan para pemain, dan Soekarno M Noor menjadi sosok aktor yang cukup disegani di perfilman nasional. Pertama kali mendapatkan gelar aktor terbaik tahun 1960 untuk film Anakku Sajang, kemudian tahun 1967 lewat Dibalik Tjahaja Gemerlapan (1967) dan terakhir, Kemelut Hidup (1979). Ayah dari Rano, Suti dan Tino Karno ini terakhir main dengan begitu mengesankan di film Opera Jakarta, yang sekaligus memberikan nominasi Piala Citra untuk terakhir kalinya.

Tak lupa ada Tan Tjeng Bok, aktor keturunan Tionghoa ini adalah aktor sejati di panggung hiburan. Komitmennya di dunia sandiwara dan film tak perlu diragukan lagi, dunia hiburan telah digelutinya sejak remaja, dan sudah makan asam garam di dunia hiburan. Main di film Srigala Item (1941), Si Gomar (1941), kemudian main lagi setelah masa kemerdekaan lewat film Melarat Tapi sehat (1954), Djudi (1955), Badai Selatan (1960), Si Rano (1973), Syahdu (1975), dan main di sejumlah drama televisi TVRI, yang dalam lakon tersebut dikenal sebagai suami aktris Fifi Young. Tan Tjeng Bok mengabdikan hidupnya di film sampai usianya sudah sangat renta.

Berikut ini adalah 29 aktor berpengaruh di Indonesia, seperti yang telah dikompilasi oleh Rangga Wisesa:

1. BENYAMIN S (1939-1995) – Dua Piala Citra (1973 & 1977)
2. DICKY ZULKARNAEN (1939-1995) – Dua Piala Citra (1972)
3. SOEKARNO M NOOR (1931-1986) – Bintangi 83 film, 3 kali menangi FFI (1960, 1967, 1979)
4. BING SLAMET (1927-1974) – Anggota Kwartet Jaya bersama Eddy Sud, Ateng dan Iskak
5. MARULI SITOMPUL (1937-1990) – Tiga Piala Citra (1981, 1982, 1983)
6. BAMBANG HERMANTO (1925-1991) – Pemain film Indonesia pertama peraih Best Actor Moskwa International Film Festival (1961) + Dua Piala Citra (1955 & 1983)
7. A. HAMID ARIEF (1924-1992) – Bintangi 121 film
8. TAN TJENG BOK (1900-1985) – Aktor sejati keturunan tionghoa yang mengabdikan hidupnya di film sampai akhir hayatnya.
9. RATNO TIMOER (1942-2002) – Pemenang The Most Popular Actor Asia (1972) & Aktor Terbaik FFI 1975. Pemeran “Si Buta dari Goa Hantu”.
10. BAMBANG IRAWAN (1932-1979) – Pemilik Agora film yang memproduksi Mahkota (9167), Intan Kesepian (1971) dan Sopir Taksi (1973)
11. RD MOCHTAR - Aktor pertama yang mencuatkan sistem “bintang” pada industri perfilman tanah air, yang dimana film kita baru mulai meletakkan perhatian pada pentingnya kedudukan pemain film
12. PANDJI ANOM (1915-1990) – Di era 80-an, banyak film yang menampilkannya sebagai sosok bangsawan atau bapak. Kacamata besar dan cerutu adalah ciri khas yang melekat dari Pandji Anom.
13. SOPHAN SOPHIAAN (1944-2008) – Aktor dan sutradara yang menempatkan kritik sosial dan nasionalisme di setiap film yang dibuatnya.
 14. Drs. POERNOMO / MANG UDEL (1923-2006) – Dosen Biologi pemenang Piala Citra (1973) yang mahir memainkan alat musik Ukulele
15. WD MOCHTAR (1928-1997) – Best Actor PWI Jaya 1971 (Sanrego)
16. RACHMAT HIDAYAT – Best Actor PWI Jaya 1970-1971 (The Big Village/Dusun Besar), Peraih Piala Citra (1976, 1989, 1991). Aktor terpuji Festival Film Bandung tahun 1990 & 1992.
17. PIETRADJAYA BURNAMA (1934-2010) – Peraih Piala Citra 1989, Peraih Penghargaan Kehormatan Lifetime Achievement Award FFI 2005, pembuat film “Si Buta Dari Goa Hantu”
18. ZAENAL ABIDIN (1928-2000) – Peraih Piala Citra 1982
 19. SLAMET RAHARDJO DJAROT – Pemenang Piala Citra di tahun 1975 dan peraih nominasi FFI paling banyak, untuk 3 kategori, aktor (utama dan pembantu), sutradara, dan penulis cerita dan skenario.
20. EL MANIK – Peraih Empat Piala Citra (1970, 1984, 1985, 2006)
21. ROY MARTEN – Pemain Harapan FFI 1976, salah satu dari “The Big Five” bersama Yati Octavia, Jenny Rachman, Robby Sugara, dan Doris Callebaut.
22. DEDDY MIZWAR – Peraih Tiga Piala Citra 1987, 1986, 1986), menciptakan rekor untuk meraih dua piala Citra sekaligus untuk 2 kategori di tahun yang sama. Dan 2 Piala Citra lagi sebagai Sutradara.
23. BARRY PRIMA – Aktor spesialis peran laga, paling terkenal sebagai Jaka Sembung. Membintangi 76 Film yang sebagian besar bergenre laga.
24. RANO KARNO – Peraih Piala Citra 1990, terkenal akan perannya sebagai Si Doel.
25. DIDI PETET – Peraih Piala Citra 1988. Pencipta karakter Emon dan Kabayan yang tak terlupakan.
26. RAY SAHETAPY – 7 Nominasi FFI, aktor watak yang underappreciated.
27. MATHIAS MUCHUS – Peraih Piala Citra 1988, Aktor yang teruji aktingnya untuk memerankan berbagai karakter yang berbeda-beda.
28. TIO PAKUSADEWO – Peraih Dua Piala Citra 1991 dan 2009.
29. WARKOP DKI – Peraih Piala Antemas FFI untuk film terlaris. Tidak hanya mengocok perut, Warkop juga selalu menyelipkan dialog-dialog khas yang cerdas, dan ada juga nyanyian serta tarian khas Warkop yang terkenang hingga kini. (RD)






Image: Film Indonesia

Untuk tetap terupdate kapanpun & dimanapun, klik http://m.ceritamu.com/ dari browser, apapun ponsel Anda

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
5 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

Penulis

Komentar

(5 Komentar)
  1. corine Ditulis pada tanggal 14 Agustus 2012 11:39

    semua bintang diatas legendaris dan hebat aktingnya gak diragukan lagi

  2. beauty Ditulis pada tanggal 29 Mei 2012 13:21

    itu mah artis artis bertalenta..yang pada eranya memang menjadi artis ternama dan sampai sekarang pun nama2 mereka masih tetap dikenal oleh masyarakat

  3. bungjor Ditulis pada tanggal 27 Mei 2012 11:49

    wah semuanya udah pada jadi legend nya indonesia nih

  4. novach Ditulis pada tanggal 27 Mei 2012 06:07

    anak nya bang ben mau jadi cawagub jakarta?
    jangan masuk politik deh, masuk seni aja kaya bapaknye...

  5. scoundrelll Ditulis pada tanggal 26 Mei 2012 21:21

    bang ben tuh artis serba bisa, ngakak abis kalo liat bang ben, gak ada deh di indonesia yang sperti bang ben, apalagi celetukan - celetukannya

Post Into Facebook Wall
login