Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

18 April 2014

Film-Film Bertemakan Pendidikan Nasional

Film-Film Bertemakan Pendidikan Nasional Criters cerita berbagai macam dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional yang tepat jatuh pada hari ini (2/5). Ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional sudah menjadi Trending Topic di Twitter hari ini.

Begitu juga halnya dengan sineas muda Tanah Air yang telah menciptakan film-film bertemakan pendidikan. Seperti film Gie, Batas, Denias, Nagabonar Jadi 2, dan Trilogi Merah Putih. Walaupun memiliki jalan cerita yang berbeda tetapi tetap satu tema yaitu mengenai pendidikan.

Film Salamander merupakan film empat dimensi yang berisi pesan edukatif bagi anak-anak. Film ini juga merupakan program yang disiapkan untuk anak sekolah menyambut Hardiknas sebagai media pembelajaran dan bekal untuk anak-anak.

Gie merupakan film karya sutradara Riri Riza. Film tersebut menceritakan tentang kisah hidup aktivis keturunan Tionghoa, Soe Hok Gie, mulai dari masa remaja, duduk di bangku kuliah, hingga perjuangannya melawan pemerintahan Presiden Soekarno yang saat itu berkaitan erat dengan PKI.

Film Batas merupakan sebuah karya milik Rudi Soedjarwo. Film ini mengangkat kehidupan TKI Indonesia di perbatasan daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, Entikong. Seorang guru yang meninggalkan kehidupannya yang nyaman di Jakarta untuk membereskan permasalahan pendidikan di Entikong, menemukan banyak fakta baru mengenai TKI Indonesia yang ternyata hidup dalam keterbatasan dan kemalangan.

Denias merupakan film berisikan pesan penting yang ingin disampaikan kepada setiap orang yang menyaksikannya: ketidakmerataan pendidikan dan fakta bahwa belum semua anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak. Film ini di sutradarai oleh John De Rantau.

Film Nagabonar Jadi 2 karya Deddy Mizwar ini menceritakan mengenai perubahan dan penyimpangan yang terjadi di tubuh Indonesia, di mana para pahlawan tidak lagi dihormati dan dihargai jasa-jasanya.

Film Trilogi Merah Putih berkisah mengenai perjuangan sekumpulan tentara Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya hingga titik darah penghabisan. Film ini merupakan karya milik Yadi Sugandi. (PR)




Image: blog.uns.ac.id/republikmadura.blogspot.com/chemistrahmah.com
Untuk tetap terupdate kapanpun & di manapun, klik http://m.ceritamu.com/ dari browser, apapun ponsel Anda

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
9 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

Ling2

Penulis

Purii Ling2

Komentar

(9 Komentar)
  1. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 09 Juni 2012 14:39

    dengan film yang mengangkat jiwa patriotisme dan nasionalisme diharapkan banyak anak muda generasi sekarang yang bisa meniru tokoh dan perjuangan bangsa dan menghargai sejarah serta pahlawan

  2. beauty Ditulis pada tanggal 08 Mei 2012 15:13

    memang film2 yang bertemakan pendidikan hrs banyak dibuat oleh para sutradara agar generasi penerus bangsa ini bisa mengambil contoh positif..

  3. fianestrada Ditulis pada tanggal 03 Mei 2012 23:12

    kisah film gie nasinalisme banget setting tempatnya itu loh bahula sekali suka bgt dah

  4. maylee Ditulis pada tanggal 02 Mei 2012 23:37

    tolong perbanyak film2 berkualitas spt film2 diatas utk negeri ini! stop film horor esek2 yg gak mutu!!!

  5. miqbalfff Ditulis pada tanggal 02 Mei 2012 23:25

    film yang bertemakan pendidikan nasional itu baik untuk negara kita membuat kita dbuat pintar oleh tayangan film hehehe

Post Into Facebook Wall
login