Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

24 April 2014

Hercules, Riwayatmu Kini..

Hercules, Riwayatmu Kini..

Fenomena preman di Indonesia saya pikir sudah ada sejak lama, dan pemberitaannya makin berkembang pada saat ekonomi semakin sulit dan angka pengangguran semakin tinggi. Akibatnya kelompok masyarakat usia kerja mulai mencari cara untuk mendapatkan penghasilan, biasanya melalui pemerasan dalam bentuk penyediaan jasa yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Preman sangat identik dengan dunia kriminal dan kekerasan karena memang kegiatan preman tidak lepas dari kedua hal tersebut.

 
Bila warga Jakarta mendengar nama Hercules, maka nama tersebut selalu identik dengan kawasan Tanah Abang. Hercules dikenal sebagi preman dan 'penguasa' Jakarta dari balik layar. Di balik cerita-cerita seram mengenai dirinya, jarang yang mengetahui bahwa ternyata Hercules adalah penerima penghargaan Bintang Seroja dari pemerintah, saat bergerilya di Timor Timur.
 
Banyak cerita dari pria yang bernama lengkap Hercules Rozario Marshal ini. Mulai sepak terjangnya ketika memulai menjadi preman di Jakarta, isu kedekatannya dengan Prabowo Subianto, hingga pengakuannya yang kini belum pernah membunuh orang dan soal mitos yang menyebut dirinya kebal peluru. Hercules juga tidak setuju jika debt collector disamakan dengan preman. Dia mengatakan jasa penagihan tidak akan pernah ada jika hukum ditegakkan.
 
"Ini perlu kami klarifikasi ke masyarakat, supaya tidak dibodohi terus. Pejabat-pejabat yang bilang preman itu bodoh," kata Ketua Gerakan Rakyat Indonesia Baru dalam sebuah perbincangan dengan VIVAnews. Menurutnya para pengusaha itu sengaja menyewa debt collector karena aparat penegak hukum tidak dapat bertindak tegas pada sejumlah kasus utang piutang.
 
"Utang itu harus dibayar. Tapi polisi tak mau tangkap. Maka itulah ada debt collector," kata dia. Dia menuding preman yang sebenarnya adalah penjahat berkerah putih. "Sehingga kalau preman ada masalah, lalu dibesar-besarkan," kata dia.
 
Hercules menambahkan, seharusnya, kata dia, pemerintah dapat menjelaskan kepada masyarakat preman mana yang harus dibasmi, organisasi mana yang harus dibubarkan. "Preman yang dibasmi itu yang mencuri, merampok, membunuh. Tetapi kalau berkelahi itu ada sesuatu yang dipertahankan karena hukum tidak adil. Sehingga terjadilah jual jasa," ucapnya.
 
Menurut pengakuan Hercules, dirinya masuk ke Jakarta pada sekitar tahun 1987. Awalnya Hercules masuk di Hankam Seroja penyandang cacat saat dirinya mendapatkan luka di bagian tangan dalam Operasi Seroja dan mendapatkan pelatihan keterampilan di sana. Bersama teman-temannya dari Timor Timur, Hercules mulai membangun daerah kekuasannya di Tanah Abang. Dari kelompok kecil, kini Hercules membawahi sekitar 17.000 orang 'pasukannya' yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.
 
Sejak tahun 2006 lalu, Hercules memutuskan memulai pertobatannya. Kini Hercules mengaku memasuki dunia bisnis seperti kapal, dan perikanan. "Manusia hidup sementara. Mati akan dipanggil satu-satu, tinggal menunggu kematian. Sekarang, saya sadar, saya bertobat, masuk dunia bisnis dan membantu manusia yang membutuhkan," kata Hercules yang menyebut pertobatan Hercules ini dimulai sejak 10 tahun yang lalu.
 
Hercules pun membuat ormas yang disebutnya sebagai Gerakan Rakyat Indonesia Baru (GRIB). Dengan ormas ini Hercules berharap dapat membantu masyarakat lainya yang terkena musibah.
 
Tak hanya berkomentar mengenai aksi premanisme di Jakarta saja, Hercules juga turut berkomentar mengenai Pilpres 2014. Hercules menuturkan ia menginstruksikan kepada seluruh anggota GRIB untuk mendukung Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai Presiden pada 2014. “Pak Prabowo sudah kaya dari sananya, tidak mungkin korupsi. Beliau juga bertanggung jawab serta bijaksana, dan pantas diusung sebagai Capres 2014,” ujar Hercules, Minggu (26/2/2012).
 
Hercules sekarang bukanlah seperti Hercules yang dulu, tergambar dari cerita perjalanan hidupnya menjadi Hercules yang di kenal sampai sekarang. Dalam tayangan ILC (Indonesia Lawyers Club) tadi malam(28/2), orang yang dulu di juluki Penguasa preman Tanah Abang itu terang terangan menjelaskan siapa dia, termasuk memperkenalkan istrinya yang cantik itu dan semua apa yang telah dia perbuat dan rencanya ke depan, yang saya dengar tadi malam termasuk rencana menghadapi pemilu tahun 2014 yang akan datang.
 
Cerita lainnya:
 

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
1 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

Bimo_Wahyu

Penulis

Bimo wahyu

Komentar

(1 Komentar)
  1. public Ditulis pada tanggal 05 Maret 2012 23:29

    hebatnya saudara hercules yang dulunya pereman tak kenal ampun bisa berubah derastis dan buat hormas yang banyak di sukai masyarakan indonesia.
    1 kalimat buat om hercules. ( terus semangat dalam jalanin hidup di negara mu sendi hercules dan bantu saudaramu yang menderita atau kesusahan..)

Post Into Facebook Wall
login