Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

01 Oktober 2014

Jokowi Jadi Gubernur, Gue Jadi Orang Miskin

Jokowi Jadi Gubernur, Gue Jadi Orang Miskin Menjelang Pilkada DKI putaran kedua, menurut Amien Rais, selama periode Jokowi, angka kemiskinan di Solo meningkat. Masih banyak daerah kumuh seperti di Kota Solo seperti di daerah Nusukan. Namun, pemindahan pedagang tanpa ada konflik adalah prestasi Joko Widodo. Sementara mengenai predikat wali kota terbaik, justru menyesatkan. Jakarta itu kotanya kompleks dan saya sudah pergi ke sejumlah kota di Eropa, di sana banyak kota yang lebih baik dan tertata daripada Kota Solo, lebih tertata kotanya dan tidak macet.


Sudah saatnya kesukuan dan primordialisme tidak dijadikan alasan untuk memilih pemimpin. Sebagai wong Solo, Amin juga merasa bangga ada orang Solo yang bisa menjadi pemimpin. Namun, sudah saatnya hal-hal kesukuan dan primordial tidak menjadi alasan untuk memilih. Meskipun dirinya tidak memiliki hak untuk mencoblos saat pilkada, dia berharap warga Jakarta cerdas dalam memilih. Demikian isi dari sebuah artikel di Lipsus Kompas.com, edisi Selasa, 21 Agustus 2012 yang memberitakan tentang pernyataan Amien Rais tentang Jokowi.


Dan Jokowi justru melihat pernyataan Amin Rasis sebagai bentuk koreksi terhadap dirinya. Juga, menurut Jokowi, “Tentang kemiskinan, bukan pada berapa banyak atau jumlah orang miskin, tetapi bagaimana atau cara menanganinya. Jadi, bukan soal yang miskin itu meningkat, tapi yang saya tampilkan itu yakni bagaimana menyelesaikan masalah itu.”


Menurut Joko Widodo pernyataan Amein Rais tersebut hanya menampilkan fakta-fakta tertentu saja, bukanlah persoalan yang menyeluruh. Kriteria yang Amin Rais gunakan adala 14 kriteria masyarakat miskin menurut BPS, sedangkan Pemda Surakarta/Solo itu mempunyai 27 kriteria. Demikian pernyataan Jokowi menanggapi Amien Rais yang diberitakan Tribunnews.com pada 25 Agustus 2012 kemarin.


Dan, menurut laporan dari Solo yang saya kutip dari sini, kriteria orang miskin di Solo, memang lebih spesifik, sebab juga menghitung (dan dikategorikan sebagai masyarakat miskin) buruh pabrik, urban (yang berasal dari luar Solo), buruh tani (petani yang menanti panen, dengan cara bekerja serabutan di kota, menjadi buruh pasar, tukang becak, dan lain-lain), serta pekerja informal lainnya, tidak mempunyai tempat tinggal; dan selama bekerja, ia tidur di bedeng/los proyek, dan lain sebagainya.


Apabila cara kategori tersebut di DKI, maka akan menemukan besaran jumlah orang miskin lebih besar dari di Solo. Jika info itu tepat, maka ke 27 kriteria masyarakat miskin yang dimaksud Jokowi tersebut memang ada; dan Pemda Solo, terus menerus berupaya menanganinya. Dengan demikian, terjawab sudah apa yang dipertanyakan Amin Rais. Jadi, jawaban Jokowi sudah tepat, yaitu bagaimana menanganinya, bukan menghitung jumlah orang miskin dan kemiskinan tersebut.


Nah, kebetulan malam tadi saya ngobrol dengan teman yang bekerja sebagai pekerja lepas atau frreelance dan membahas kriteria orang miskin ini. Teman saya langsung menjawab "kalau Jokowi jadi Gubernur DKI gue jadi orang miskin dong...?"




Foto: Solopos.com

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
3 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

donzurai

Penulis

Doni

"Tidak penting SIAPA yg menulis, yg penting APA yg ditulis"

Komentar

(3 Komentar)
  1. novach Ditulis pada tanggal 30 Agustus 2012 07:43

    oh temennya terlalu berlebihan menyikapinya....
    jangan salah jokowi, salahkan inflasi yang terlalu tinggi di negara ini, jadi mau maju pun susahnya minta ampun....

  2. umarbanyalSH Ditulis pada tanggal 26 Agustus 2012 21:52

    Rasa ketakutan yang berlebihan sehingga membuat anda begitu takut akan kemiskinan memangnya kalo yang lain naik jadi gubernur anda akan kaya...?
    kan tidak juga makanya rajin dan kreatif agar anda bisa jadi orang kaya kawan.

  3. adib Ditulis pada tanggal 26 Agustus 2012 16:13

    aamiin , semoga jokowi jadi gubernur DKI dan jakarta bisa bersih dari korupsi

Post Into Facebook Wall
login