Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

31 Juli 2014

Mengenal Sosok Istri dan Anak Jokowi

Mengenal Sosok Istri dan Anak Jokowi Joko Widodo atau biasa kita panggil Jokowi sepertinya adalah nama paling populer saat ini di Indonesia. Seluruh media memberitakannya dari Jakarta dan dari daerah-daerah. Dia sedang menjadi trending topic. Mau bicara tentang apa pun soal Jokowi pasti dibaca.

Tapi seperti kisah sukses lainnya, kalau di balik kesuksesan seorang pria itu pasti ada seorang wanita yang mendampinginya. Jokowi juga sama, siapakah sosok wanita yang mengantarkan Jokowi hingga menjadi sosok yang fenomenal seperti sekarang?. Dia adalah sang istri bernama Hj. Iriana, SE, MM, wanita berparas cantik dan selalu ceria.

Dari hasil beberapa pemberitaan tentang ibu tiga anak ini, mengesankan bahwa dia juga salah satu sosok yang hidupnya sederhana, fokus dan mau melayani serta senang datang berkunjung ke tengah-tengah masyarakat.

Sebagai Ketua PKK Kota Solo, Hj. Iriana Joko Widodo,SE., MM. bertugas membantu sang suami mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan pendidikan, terutama perempuan dan anak-anak di kotanya. Bu Ana, sapaan akrabnya, juga berhasil ikut mengantarkan sang suami meraih penghargaan Walikota Terbaik se-Indonesia, April lalu.

Bahkan ibu-ibu PKK di Solo saat ini agak khawatir ditinggal bu walikotanya, mereka beralasan karena ibu walikota sangat peduli. Dikatakan kalau Bu wali Jokowi selalu hadir kalau diundang ke PKK kelurahan, bahkan hafal semua pengurusnya. Kalau ada yang nggak kelihatan, bu wali akan tanya, apa sakit ? Ada apa ? Bu wali juga pernah ajak ibu-ibu belanja tas di pasar Klewer, tasnya tak pernah bermerk yang mewah-mewah. Karena bu wali sederhana saja, maka ibu-ibu pejabat pemkot juga mengikuti. Jika ada yang menor dikit pasti risih sendiri.

Dalam keluarga, seperti katanya kepada Tabloid Nova, dia dan Jokowi menanamkan pola hidup sederhana kepada anak-anaknya. Hal ini sangat ditaati anak-anaknya. Mereka tidak mau muncul di depan umum. Yang mereka selalu ingat hanyalah agar tidak membuat malu orangtua mereka.

Pasangan Jokowi & Ana, dianugerahi dua putra dan satu putri. Yaitu Gibran Rakabuming (24), lulusan dari universitas di Australia, dan kini pengusaha katering. Kahiyang Ayu (21), masih kuliah, dan Kaesang Pangarep (17), masih sekolah di Singapura.

Pak Jokowi itu juga wong cilik, dulunya. Ia pernah merasakan kepedihan keluarganya, ketika rumah mereka digusur dari bantaran kali, tanpa pesangon, pada tahun 1970an. Dia tak mau warga miskin menderita seperti yang dirasakannya. Makanya, ia mengeluarkan kartu sehat dan kartu pendidikan bagi warga miskin. Kesehatan dan pendidikan adalah hak setiap warga negara, yang harus diperhatikan oleh negara. Sebagai Walikota Solo, dia menggunakan kekuasaanya mengatur keuangan daerah, untuk keperluan memenuhi hak setiap warga negara itu.

Jokowi pernah sempat dibuat pusing dengan pilihan bisnis anakanya, Gibran Rakabuming Raka. Sebab, meski telah dikuliahkan ke mancanegara untuk mengecap ilmu marketing, si sulung malah banting setir ke bisnis katering. Maklum, dia harus mencari sendiri modal untuk membuka usahanya sekitar Rp 1 miliar. Orangtuanya tidak menyetujui karena bisnis yang dipilih Gibran melenceng jauh dari kebiasaan keluarga yang turun-temurun masuk di sektor mebel.

Sayang, idenya tersebut tidak pernah ditanggapi ayahnya. Orangtuanya terus saja mendesak Gibran untuk meneruskan usaha keluarga di bidang mebel. Namun, keteguhan hatinya tetap menyala. Dia bersikeras tidak memiliki ketertarikan di bidang mebel. “Bapak bilang, lha terus sing ngelanjutke sopo? Kalau saya jadi wali kota, siapa yang ngelanjutin? Kamu nggak nurut sama orangtua,” ungkap Gibran menirukan ucapan ayahnya.

Di antara sekitar tujuh bank yang dikirimi proposal, hanya satu yang menyetujui untuk memberikan pinjaman. Akhirnya, pada Desember 2010, Chilli Pari berdiri. Anak pertama di antara tiga bersaudara itu mengakui bahwa bisnis katering yang ditanganinya sekarang berdiri tanpa restu orangtua. Maklum, adik-adiknya masih kuliah dan bersekolah sehingga belum bisa diserahi tanggung jawab.

Baca juga:
Keluarga Jokowi gak kenal budaya ulang tahun 
Jokowi terus menerus diserang SARA padahal udah naik haji
Modal fashion ala Jokowi Rp 370 ribu
Obituari gak lucu: Jokowi meninggal 4 Mei 2014, kremasi tgl 6 Mei 2014
Video debat bahasa Inggris Jokowi vs Prabowo dihapus karena menjatuhkan Jokowi?

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
6 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

donzurai

Penulis

Doni

"Tidak penting SIAPA yg menulis, yg penting APA yg ditulis"

Komentar

(6 Komentar)
  1. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 24 Juli 2012 17:41

    yang penting jokowinya kalo anak dan isterinya kurang ngaruh sih

  2. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 24 Juli 2012 17:41

    yang penting jokowinya kalo anak dan isterinya kurang ngaruh sih

  3. carolena Ditulis pada tanggal 22 Juli 2012 22:36

    mantap juga ya pak jokowi orangnya semoga ajak keluarganya selalu sukses selalu.

  4. scoundrelll Ditulis pada tanggal 20 Juli 2012 11:38

    mantap pak jokowi, punya istri yang soleh, seandainya semua istri pejabat seperti ibu iriani, mungkin pejabat dan istri bersatu memajukan negeri ini

  5. novach Ditulis pada tanggal 19 Juli 2012 19:03

    mantap kali....
    anak, istri sukses semuanya....
    ga kepilih jadi walikota juga tenang....

Post Into Facebook Wall
login