Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

23 Juli 2014

PARAGRAF DAN JENIS-JENISNYA

PARAGRAF DAN JENIS-JENISNYA Paragraf yang artinya sangat simpel yaitu kumpulan dari beberapa kalimat. Tapi apakah Anda tau ada berapa jenis-jenis paragraf ?? 

 
Mungkin Anda boleh menganggap remeh dan gampang tentang penulisan dalam paragraf, tapi ketahuilah ini tidak segampang yang anda pikirkan. Jujur sebelum Saya mendapatkan mata kuliah yang namanya Bahasa Indonesia, mungkin saya sudah lupa dengan yang namanya jenis-jenis paragraf. Di sini saya akan coba menjelaskan sedikit mengenai jenis-jenis paragraf beserta contohnya.
 
Paragraf Narasi, yang intinya yaitu paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan kronologis (terdapat alur cerita, tokoh, setting, dan konflik. Paragraf naratif tidak memiliki kalimat utama). 
 
Contohnya : Seseorang sedang menyapu sambil menembang. Pak Mo mengumpulkan daun-daun kering di sudut halaman. Esok hari pekerjaan yang sama menghadang di tempat yang sama. Daundaun jatuh dan Pak Mo menyapunya lagi. Begitulah rupanya hakikat dari hidup, selalu menuntut dibersih-bersihkan karena sampah dapat datang setiap saat, setiap desah nafas.
 
Paragraf Deskripsi, yaitu paragraf yang menggambarkan suatu kejadian dengan kata-kata yang merangsang indra realistis. 
 
Contohnya : Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk Simakobu adalah contoh primata yang menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.
 
Paragraf Eksposisi. Dari katanya saja anda mungkin sudah tau tujuan dari paragraf ini. Yupzz benar, tujuannya yaitu meng-ekspos, menguraikan sesuatu sejelas-jelasnya agar pembaca mudah mengerti dan jelas. 
 
Contohnya :  Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan. Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.
 
Paragraf Argumentasi. Paragraf ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut. 
 
Contohnya : Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan, pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.
 
Paragraf Persuasi, yang intinya yaitu menghimbau dan mengajak pembaca untuk melalukan sesuatu sesuai dengan yang dianjurkan penulisnya. 
 
Contohnya : Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
 
Tulisan ini sengaja saya buat karena tuntutan tugas dari dosen Bahasa Indonesia saya. Semoga bermanfaat dan mereview sedikit akan jenis-jenis paragraf...

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
0 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

Penulis

Benni

Komentar

(0 Komentar) Yuk jadi yang pertama Komentar disini
Post Into Facebook Wall
login