Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

02 September 2014

Si Anak Singkong, Buku Perjalanan Hidup Chairul Tanjung Diluncurkan

Si Anak Singkong, Buku Perjalanan Hidup Chairul Tanjung Diluncurkan Pengusaha nasional Chairul Tanjung meluncurkan buku otobiografinya yang bertajuk 'Chairul Tanjung Si Anak Singkong'. Sebuah buku yang merangkum kisah Chairman CT Corp ini mulai dari usaha menjual es mambo untuk menambah biaya sekolah sampai mampu membangun kawasan wisata dan bisnis terpadu.

Bertempat di Ballroom Hotel The Trans, Bandung, Sabtu (30/6/2012) malam, peluncuran buku setebal 384 halaman ini dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II di antaranya Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, dan Menteri ESDM Jero Wacik.

Buku ini ditulis oleh wartawan Kompas Tjahja Gunawan Diredja dan diterbitkan penerbit Kompas Gramedia. Prosesi peluncuran buku berwarna dominan coklat keemasan ini ditandai dengan penyerahan buku tersebut dari Chairul Tanjung ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Selamat kepada Bung Chairul Tanjung atas peluncuran bukunya, serta selamat ulang tahun," tutur SBY kepada Chairul Tanjung yang berulang tahun ke-50 pada 16 Juni 2012 lalu.

Sambutan juga diberikan oleh Pemimpin Umum Kompas Gramedia Jakob Oetama. Dalam sambutannya Jacob begitu terharu dengan kisah hidup Chairul yang begitu terjal berliku. Ada dua peristiwa dalam buku itu yang diingat betul oleh Jacob.

"Pertama ketika ibu Pak Chairul terpaksa menjual kain kesayangannya untuk menambah biaya kuliah. Kedua pak Chairul mendapatkan kesempatan untuk mengantarkan ibunda untuk naik haji," ujar Jacob.

Jacob juga menggarisbawahi semangat Chairul yang memiliki tekad besar untuk memberikan lapangan kerja yang luas. "Sekarang cita-citanya jangan hanya memiliki 75.000 karyawan tapi 150.000. Dia seorang wirausahawan yang memiliki rasa tanggung jawab," papar Jacob.

Dalam bukunya, Chairul memang memberi porsi besar pada peran ibunya Halimah Tanjung atas kesuksesan yang ia capai selama ini. Bahkan dalam acara peluncuran buku ini, Chairul yang mengajak ibu Halimah ke atas panggung, meneteskan air mata ketika mengungkapkan betapa besar peran sang ibunda.

Secara umum, buku ini berkisah tentang perjalanan Chairul dari Gang Labu, gang sempit di pedalaman Jakarta, tempat Chairul kecil dibesarkan hingga pria kelahiran tahun 1962 ini dapat meraih kesuksesan dengan menjadi CEO sekaligus Chairman CT Corp. Dalam buku itu dikisahkan, Chairul kecil sudah terbiasa berusaha mencari uang atas jerih payah sendiri mulai dari berjualan es mambo hingga bekerja di tukang fotokopi ketika kuliah. Oleh teman-teman masa kecilnya dia pernah dijuluki Si Anak Singkong, karena merupakan anak kampung dari keluarga yang cukup sederhana.

  • Ceritamu.com tidak bertanggung jawab atas isi cerita yang dikirim penulis
  • Ceritamu hanya sebagai media untuk menuliskan cerita dan opini penulis tanpa ada hubungan apapun dengan penulis
8 Komentar Laporkan Cerita Yuk Ikutan Kirim Cerita Kamu

Baca cerita lainnya...

rudolkristian

Penulis

Rudol Kristian

Selalu ingin "tau" di setiap bidang.

Komentar

(8 Komentar)
  1. dona Ditulis pada tanggal 10 Juli 2012 16:55

    ini buku yg yg penulis aslinya ga tulis namanya ya,ckckkc kasian ya

  2. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 05 Juli 2012 06:55

    bapak kasih tahu tuh tipsnya bisa jadi orang yang hebat begitu aduuh jadi pengen seperti beliau

  3. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 05 Juli 2012 06:55

    bapak kasih tahu tuh tipsnya bisa jadi orang yang hebat begitu aduuh jadi pengen seperti beliau

  4. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 05 Juli 2012 06:53

    dulu anak singkong sekarang udah keju, heba bangett yah beliau

  5. iyel_iyel@yahoo.com Ditulis pada tanggal 05 Juli 2012 06:52

    dulu anak singkong sekarang udah keju, heba bangett yah beliau

Post Into Facebook Wall
login