Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

08 Februari 2016

INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL

5

Rating Pengguna

1 Votes

1 2 3 4 5

Review

(2 Review)
Tulis Review

suntingPendiri: R. Ir. Mansoer Wiratmadja, Ir. Sutji Bunarto, Darmawan, SH Pengelola: Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi, Rektor serta Sivitas Akademika Institut Teknologi Nasional Itenas yang didirikan pada tahun 1984 merupakan peningkatan dari Akademi Teknologi Nasional (Atenas) didirikan Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi pada 1972. Pendiri Yayasan adalah R. Mansoer Wiratmadja, Ir. (almarhum).

Maksud Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi mendirikan Atenas adalah untuk mengisi kekurangan tenaga teknik tingkat Sarjana Muda, sebagai akibat kebijaksanaan pemerintah menutup semua akademi di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Pada saat pendiriannya Atenas mempunyai 4 jurusan: Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Mesin dengan status terdaftar pada 1973. Pada tahun 1975, dibuka Jurusan Teknik lndustri yang mendapat status terdaftar tahun 1981. Tahun 1978, dibuka Jurusan Teknik Geodesi yang memperoleh status terdaftar pada 1982. Dengan berkembangnya fasilitas pendidikan, serta tuntutan dari masyarakat, pada tahun 1981 Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi membentuk Panitia Penyusun Studi Kelayakan Peningkatan Akademi Teknologi Nasional menjadi Perguruan Tinggi Tingkat Sarjana Penuh. Maka lahirlah Institut Teknologi Nasional (Itenas) dengan dua fakultas yaitu: Fakultas Teknologi Industri dengan jurusan: Teknik Elektro, Teknik Mesin, serta Teknik dan Manajemen Industri, dan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan dengan jurusan: Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, dan Teknik Geodesi. Pada 1991, dibuka Jurusan Teknik Planologi.


Tahun 1993, dibuka Jurusan Teknik Lingkungan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain dengan program studi Desain Interior. Sedangkan Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ditutup karena dalam beberapa tahun terakhir program tersebut tidak ada peminatnya. Tahun 1996, dibuka program studi Desain Produk. Pada 1985 status Itenas: terdaftar. Tahun 1990 statusnya meningkat: diakui. Pada 1992 status menjadi: disamakan. Akhirnya, 1998 BAN PT memberikan status Berakreditasi kepada Jurusan-Jurusan di Itenas Dies Natalis: Mei Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Karya

Review

Lihat Semua
(2 Review)
  1. muhamad wildan musthofa Ditulis pada tanggal 03 Juli 2012 13:55

    waw! Fantastic banget! Keren tapi mahal bg saya..

  2. Rio Rahadian Ditulis pada tanggal 17 Mei 2012 10:08

    Mmm.... kayanya itu gambar Institut Teknologi Bandung deh, mestinya kan Institut Teknologi Nasional

Laporkan Cerita