Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

28 Juli 2014

Kota Makassar

Galeri

Lihat Semua
0

Rating Pengguna

0 Votes

1 2 3 4 5

Review

(2 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Suhu Politik Memanas, Makassar Rusuh

Suhu Politik Memanas, Makassar Rusuh

Mencekam dan condong terasa tidak aman di kota Makassar baru-baru ini, dilaporkan masih dalam tahaf kondusif hingga kemarin.   Bahkan kondisi seperti ini yang menyebabkan pemain seleksi PSM makassar, Griffin McMaster yang memutuskan kembali ke negeri asalnya Australia kemarin Jumat 1 FebruariBaca Selengkapnya ..

Pelecehan Seksual di Makassar, Berlanjut di Sosmed

Pelecehan Seksual di Makassar, Berlanjut di Sosmed

Criters masih ingatkah cerita kemarin mengenai wanita bule asal Australi yang dilecehkan oleh 2 ABG di Makassar? (Klik untuk mengingat kembali) Dari akun pribadi twitter titutismail yang menjadi sahabat korban bule tersebut bersama temannya (akun twitter @Supirpete2 dan @ardy_chmbrs) membantu kBaca Selengkapnya ..

Melakukan Pelecehan Seksual Terhadap Wanita Bule, Dua ABG ini Dipolisikan
sunting

Kilas Kota

Kota Makassar adalah sebuah kotamadya yang merupakan pusat perdagangan yang dominan di Indonesia Timur dan kemudian menjadi salah satu kota terbesar di Asia Tenggara. Pada tahun 1971 Makassar berubah namanya menjadi Kota Ujung Pandang setelah diadakan perluasan kota dari 21 km² menjadi 175,77 km², namun pada tanggal 13 Oktober 1999 berubah kembali namanya menjadi Kota Makassar.

"MAKASSAR" berasal dari kata mangkasarak yang terdiri dari 2 kata, yaitu "mang" dan "kasarak". Mang disini semacam sebuah kata tambahan yang memperjelas kata dasarnya, yaitu "kasarak" dimana arti kasarak disini adalah terang, jelas, tegas atau nyata.

Jadi, kata "Mangkasarak" Mengandung arti "memiliki sifat besar (mulia) dan berterus terang (Jujur). Sebagai nama, orang yang memiliki sifat atau karakter "Mangkasarak" berarti orang tersebut besar (mulia), berterus terang (Jujur).

Makassar adalah ibu kota Provinsi dari Sulawesi selatan. Dimana Sulawesi selatan sebenarnya memiliki beberapa suku, yaitu Makassar, Bugis, Luwu, dan Toraja, dan suku Makassarlah yang terbesar di Sulawesi Selatan ini. Oleh karena itu Provinsi sulawesi selatan lebih banyak dikenal dengan Bugis Makassar, karena kedua suku inilah yang terbesar.

Banyakya suku menjadikan Sulawesi selatan ini juga mempunyai keaneka ragaman budaya, bahasa dan adat kebiasaan. Mudah-mudahan sedikit banyaknya cerita info kota Makassar ini dapat membuat teman-teman criters semua dapat lebih mengenal Makassar dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

Makanan khas Makassar yang umum dijumpai seperti Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Kue Tori, Palubutung, Pisang Ijo, Sop Saudara dan Sop Konro.

(Foto: blog.umy.ac.id)

Pemerintahan/Administrasi
Hiburan/Wisata/Kuliner
Event Budaya/Tradisi
Kata Mereka
Pendidikan/Sekolah
Tahukah Kamu
  • sunting

    Walikota : Syahrul Yasin Limpo (Priode 2013-2018)

    Wakil Walikota : Agus Arifin Nu'mang

    Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) : Syahrul Yasin Limpo

    Wagub Sulsel : Agus Arifin Nu'mang

    Fraksi – Fraksi DPRD Kota Makassar:

    F. P Golkar

    F. P Demokrat

    F. PAN

    F. PKS

    F. P Hanura

    F. PDK

    F. PPP

    F. PDI-P

    F. PKPI

    F. PBB

    F. PDS

    F. P Gerindra

    F. P RepublikaN

    F. PBR

    F. PKB

    F. PPDI

  • sunting

    Khas Makassar

    Mengenal sebuah kota Criters, alangkah baiknya bermula dari wisata yang di tawarkan. Dimana kita dapat mengenal banyak dari tingkah lakunya. Berikut wisata yang mejadikan khas kota Makassar, seperti:

    Fort Roterdam

    Benteng ini merupakan peninggalan sejarah Kesultanan Gowa, Kesultanan ini pernah Berjaya sekitar abad ke-17 dengan ibu kota Makassar. Kesultanan ini sebenarnya memiliki 17 buah benteng yang mengitari seluruh ibu kota. Hanya saja, Benteng Fort Rotterdam merupakan benteng paling megah diantara benteng benteng lainnya dan keasliannya masih terpelihara hingga kini.

    Lalu sebagai salah satu kota bahari, Makassar menawarkan pulau-pulau kecilnya yang siap membuat kamu jatuh cinta, seperti:

    Pulau Lanjukang (40 Km dari kota)

    Pulau Langkai (36 km dari kota)

    Pulau Lumu-lumu (26 Km dari kota)

    Pulau Bonetambung (18 Km dari kota)

    Pulau Kodingareng Lompo (15 Km dari kota)

    Pulau Kodingareng Keke (14 Km dari kota)

    Pulau Barrang Lompo (13 Km dari kota)

    Pulau Barrang Caddi (11 Km dari kota)

    Pulau Samalona (7 Km dari kota)

    Pulau Lae-lae (2 Km dari kota)

    Pulau Lae-lae Kecil (1,6 Km dari kota)

    Pulau Kayangan (800 Meter dari kota)

    Khas Kuliner 

    Makanan khas makassar yang kaya rempah ini memang sangat terkenal di seluruh penjuru Nusantara bahkan Mancanegara sekalipun, dan banyak orang yang datang ke Makassar pasti pernah mencicipi coto makassar baca resep coto Makassar.

    Sop Saudara

    Sekilas memang Sop Saudara sebuah nama makanan yang menjadi identitas, makanan berkuah yang dihidangkan dalam mangkuk tapi jika dilihat lebih dekat dan dirasakan pastilah berbeda. Makanan tradisional khas Kabupaten Pangkep sulawesi selatan ini dapat dijumpai di Makassar. Sop saudara dibuat dari daging sapi, bihun dan kentang goreng yang biasanya dibentuk bola-bola kecil, dan paru sapi yang digoreng, biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai tambahan lauknya. Tambahan sebagai pelengkap menu adalah sambal kacang dan irisan Timun, Untuk Membuatnya Baca resep sop saudara.

    SOP KONRO

    Sup Konro adalah masakan tradisional khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini berbahan dasar iga sapi atau daging sapi. Daging sapi direbus bersama dengan bahan lain seperti kayu manis, air asam jawa dan berbagai bahan lainnya. Kemudian tumisan campuran beberapa bumbu masak seperti merica, pala, kacang merah dan bahan lainnya, dituangkan kedalam rebusan iga sapi. Warna gelap sop konro berasal dari buah kluwak yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif "kuat" akibat digunakannya ketumbar. Konro aslinya dimasak berkuah dalam bentuk sup yang kaya rempah-rempah, akan tetapi kini terdapat variasi bakar yang disebut "Konro bakar" yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini pada umumnya disajikan atau dimakan bersama nasi putih dan sambal.

    Pisang Epe

    Dilihat dari namanya pastilah makanan khas kota Makassar ini terbuat dari pisang. Pisang yang dijadikan bahan pembuatannya yaitu pisang kepok setangah mengkal. Proses pembuatannya pun tergolong sangat mudah dan bahan-bahan yang dibutuhkan juga gampang untuk dicari.

    Pisang yang telah dikupas dibakar diatas bara api, kemudian dibolak-balik hingga harum dan lembek. Pisang diambil kemudian di tekan hingga pipih, kemudian di bakar kembali. Setelah melakukan pembakaran, pisang ditaruh diatas piring dan kemudian untuk toppingnya gula merah dicampur dengan air daun pandan ditambah dengan garam dan durian yang direbus hingga kental, dan kemudian disiramkan keatas susunan pisang yang disajikan diatas piring.

    ES PALLU BUTUNG

    Es Pallu Butung adalah es campur gaya Makassar yang merupakan makanan penutup sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan utama pembuatan es ini berupa pisang hijau yang dipotong-potong yang diletakkan diatas semacam bubur berwarna putih yang terbuat dari santan ditambah dengan es serut dan susu kental. Es ini juga biasa tersaji di warung-warung karena memang dua hidangan ini berasal dari daerah yang sama.

    ES PISANG HIJAU

    Es pisang Hijau adalah hidangan khas dari kota aging mammiri, namun demikian hidangan ini cukup populer dibanyak daerah. Es ini terbuat dari pisang raja atau kepok, paduan pisang dan tepung beras ditambah bubur, sirop dan es serut membuat es ini benar-benar mengugah rasa. Cocok dinikmati saat udara panas. Jadi kata ijo itu bukan menunjukkan bahwa jajanan ini terbuat dari pisang hijau tetapi dari tepung pembungkusnya yang berwarna hijau dari daun pandan, baca resep pisang hijau.

    Resep Gogoso

    Gogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan ketika lebaran, selain ketupat lebaran, gogoso pun juga turut meramaikan bersama dengan bersama dengan aneka masakan lainya pada hari-hati biasa, gogoso banyak ditemukan didaerah pantai losari atau dipinggir-pinggir jalan kota makassar biasanya dijajakan oleh pedagang asongan bisanya dijajakan bersama telur asin atau lebih akrab dengan sebutan orang makassar Bayao Kannasa, dan kacang rebus. baca resep gogoso.

    Pusat Belanja

    Mall Ratu Indah,

    Mal Panakkukang,

    Panakukkang Square

    Mal GTC (Global Trade Centre),

    Makassar Mall

    MTC Karebosi

    Makassar Town Square

    Trans Studio Mall

    Pettarani Square

    MOM Makassar

    KTC Karuwisi

    Tamalanrea Plaza

  • sunting

    Dalam berbudaya warga Makassar diajarkan memegang teguh falsafah 'Sirik na pacce' yang merupakan prinsip hidup bagi suku Makassar.

    Sirik: Dipergunakan untuk membela kehormatan terhadap orang-orang yang tertindas/terinjak-injak harga dirinya

    Pacce: Dipakai untuk membantu sesama anggota masyarakat yang berada dalam penderitaan.

    Budaya Toraja

    Suku Toraja yaitu menetap di pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan, Indonesia. dalam ritualnya upacara pemakaman merupakan ritual yang paling penting dan berbiaya mahal. Semakin kaya dan berkuasa seseorang, maka biaya upacara pemakamannya akan semakin mahal. Dalam agama aluk, hanya keluarga bangsawanlah yang berhak menggelar pesta pemakaman yang besar.

  • sunting

    'Berikanlah senyuman manis untuk kota makassar' lirik lagu Makassar Kota Daeng dari band musik Ungu.

  • sunting

    UAJ : Universitas Atma Jaya Makassar

    UNHAS : Universitas Hasanuddin

    UNM : Universitas Negeri Makassar

    UMI : Universitas Muslim Indonesia

    UVRI : Universitas Veteran Republik Indonesia

    UIN : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

    UKIP : Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar

    UNISMU : Universitas Muhammadiyah makassar

    UIT : Universitas Indonesia Timur

    UFM : Universitas Fajar Makassar

    Universitas Pepabri Makassar

    Universitas 45 Makassar

    Unversitas Satria Makassar

    Universitas Pancasakti

    Universitas Sawerigading

    Politeknik Negeri Makassar

    Politeknik Kesehatan Makassar

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea

    Sekolah Tinggi Informatika dan Multimedia Nusa Palapa

    Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer Dipanegara

    Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Handayani

    Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Nitro

    Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yayasan Pendidikan Pembangunan Indonesia

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tamalatea

    Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Dharma

    Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang

  • sunting

    Tahukah kamu, dahulu kota Makassar pada abad ke-19 itu dijuluki "kota kecil terindah di seluruh Hindia-Belanda"?

    Tahukah kamu, bagi criters yang sudah mengunjungi Makassar dan berkesempatan sholat di Masjid Katangka maka kamu akan melihat dua tombak yang berada di antara mihrab. Konon dahulu di saat Islam menjadi agama resmi Kerajaan Gowa, ada kepercayaan yang muncul di tengah masyarakat ketika itu bahwa, barang siapa yang berhasil menggigit ujung naskah khotbah Jumat yang tengah dibacakan sang khatib maka ia akan menjadi sakti, kebal terhadap senjata tajam jenis apapun.

Review

Lihat Semua
(2 Review)
  1. isna khoirur rijal Ditulis pada tanggal 03 Februari 2013 11:36

    semua kota di indonesia memang memendam banyak sumber budayanya

  2. Carolena Amd Ditulis pada tanggal 15 Januari 2013 10:51

    semoga lebih mantap show bro

Laporkan Cerita