Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

29 Juli 2014

Ada Apa dengan Cinta?

2.7

Rating Pengguna

10 Votes

1 2 3 4 5

Review

(16 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Daftar Soundtrack Film Paling Popularitas Versi Ceritamu.com!
Belajar Bikin Film Langsung Dari Rudi Soedjarwo, Mau?

Belajar Bikin Film Langsung Dari Rudi Soedjarwo, Mau?

Filmmaker kenamaan Rudi Soedjarwo baru-baru ini membuka kelas filmmaking yang bisa dibilang, cukup berbeda dari kelas-kelas filmmaking lainnya. Rudi mengajak semua lapisan masyarakat yang tertarik untuk terjun ke dunia pembuatan film, tanpa mempedulikan latar belakang mereka. Termasuk orang-orang yaBaca Selengkapnya ..

Nicholas Saputra Bicara Cinta Dari Wamena

Nicholas Saputra Bicara Cinta Dari Wamena

Cerita di film terbaru Nicholas Saputra yang berjudul Cinta Dari Wamena ternyata menyisakan sedikit penyesalan di diri bintang Ada Apa Dengan Cinta? itu. Pasalnya aktor tampan itu tidak bisa melihat indahnya Wamena saat syuting film arahan Lasja Susatyo itu."Awalnya saya diajak untuk proyek ini samaBaca Selengkapnya ..

Biografi

sunting

Bertemakan cinta di masa-masa SMA, Ada Apa dengan Cinta menampilkan Cinta (Dian Sastrowardoyo), Alya (Ladya Cherill), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).

Di sekolah, juara lomba puisi tahun ini akan diumumkan. Seluruh siswa yakin Cinta yang akan menjadi juara. Namun justru pemenangnya tahun ini adalah Rangga (Nicholas Saputra), Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, ia akan mewawancarai Rangga. Namun Rangga (Nicholas Saputra) adalah tipe laki-laki pendiam, penyendiri dan "dingin". Saat Cinta berbicara dengan Rangga, ia melihat buku yang dipegang Rangga (buku AKU karya Syumandjaya). Lalu Cinta memberinya surat dan membuat Rangga emosi. Dan tanpa disengaja bukunya terjatuh. Cinta segera memungutnya. Dan membawa pulang buku itu untuk dibaca.

Cinta mengembalikan buku tersebut saat Rangga kebingungan mencarinya. Rangga pun berterima kasih pada Cinta. Semenjak itu mereka menjadi dekat. Rangga mengajak Cinta ke Kwitang, tempat ia membeli buku lama. Saat di Kwitang, Cinta teringat akan janji menonton konser bersama teman-temannya. Ia pun meninggalkan Rangga untuk menonton konser.

Pada suatu malam Rangga dan Cinta kencan di sebuah kafe. Namun sebelum Cinta berangkat, Alya menelepon untuk memintanya ke rumah. Namun Cinta berbohong bahwa ia akan pergi ke rumah sakit.

Akhirnya Cinta pergi bersama Rangga. Di sana Cinta menyanyikan lagu yang dibuat dari puisi Rangga. Saat Cinta pulang, mama Cinta akan pergi menjenguk Alya di rumah sakit karena mencoba bunuh diri. Cinta menjadi sangat menyesal.

Keesokan harinya, Rangga menyapa Cinta. Namun Cinta justru berkata ketus agar Rangga tidak mendekatinya lagi. Rangga pun sepakat bahwa ia akan menjauh dari Cinta. Saat di rumah sakit Cinta berterus-terang pada Alya bahwa ia berbohong dan Alya pun tahu bahwa Cinta kencan dengan Rangga. Cinta tidak tahu bahwa saat ia berkata jujur, teman-temannya yang lain ada dibelakangnya. Cinta juga meminta maaf kepada teman-temennya yang lain.

Rangga yang saat itu akan berencana pindah sekolah ke Amerika Serikat, mencoba menelepon Cinta untuk berpamitan. Namun Cinta justru tetap menjauh dari Rangga. Carmen yang saat itu sedang latihan basket melihat Rangga berpamitan pada Pak Wardiman, sang penjaga sekolah. Ia pun segera memberitahukan teman-temannya.

Cinta yang menyadari cinta sejatinya itu, segera menyusul ke bandara. Namun mobil Milly terjepit mobil lain. Mereka meminjam mobil Mamet (Dennis Adhiswara). Di sana Cinta bertemu dengan Rangga. Ia meminta Rangga untuk membatalkan niatnya sekolah di luar negeri. Namun Rangga tetap pergi meninggalkan Cinta-nya. Ia memberi Cinta buku yang pada halaman terakhirnya terdapat puisi Rangga yang berjudul "Ada Apa dengan Cinta?". Rangga berjanji akan kembali di saat bulan purnama tiba.


Sumber: Miles Twitter/Indonesia Film Center/Wikipedia/Beberapa Blog

Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Penghargaan
Pimpinan
Pemain Film
Kru Film
  • sunting

    Lokasi sekolah mengambil lokasi di SMA Gonzaga di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Rudi Soedjarwo adalah alumni Gonzaga. Begitu juga Dennis Adhiswara (pemeran Mamet), dan para figuran yang jumlahnya sekitar 100-an orang. Dan lokasinya dekat dengan kantor Miles yang ada di daerah Cipete.

    Alasan memilih sekolah ini sebenarnya hanya karena alasan teknis. Pertama, karena fisik gedungnya yang menarik. Kedua, ruangan-ruangannya cukup besar, karena kru film perlu meletakkan banyak peralatan. Kemudian pihak sekolah juga partisipatif dan kooperatif. Singkatnya, tidak sulit ketika mengurus perijinan. Terakhir, lokasinya dekat dengan kantor Miles yang ada di daerah Cipete dan sang sutradara Rudi Sudjarwomerupakan alumnus SMA Gonzaga tersebut juga.

    Film ini meraih sukses besar di Indonesia, dan bersama film Petualangan Sherina (2000), menandai kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia. Ada Apa dengan Cinta ditayangkan di berbagai negara, termasuk Malaysia dan Jepang.

    Tidak terasa 10 tahun sudah Film AADC melewati masa tayangnya dahulu. Memperingati hari tersebut Miles merayakan reuni penayangan kembali film "Ada Apa Dengan Cinta?" di bioskop Blok M Plaza. Reuni memang sengaja dibuat untuk memperingati 10 tahun AADC. Rencana itu sendiri sudah terdengar di akhir bulan Januari lewat sang produser, Mira Lesmana. Saat itu Mira mengungkapkan rencana tersebut lewat twitternya dengan mengatakan: Penggemar ADA APA DENGAN CINTA? Siap siaaaaaaap! Aka nada pemutaran khusus #10thnAADC 8 Feb di JKT. Tempat terbatas! Follow @MilesFilms ya :D Tak ayal, benar saja para pecinta film AADC senang mendapatkan kabar gembira seperti ini.

    Jika dilihat, semuanya nampak bahagia layaknya mengingat masa-masa dulu. Terlihat hadir juga, ada Sissy Priscillia dan suaminya Rifat Sungkar, Eddy Brokoly, dan Penyanyi Sherina. Bagi kamu yang ingin menyaksikan kembali film arahan Rudy Soedjarwo itu, film akan diputar HARI INI tanggal 9 dan 10 Februari 2012 di Blok M Square 21. Ingat, HANYA 2 HARI jangan sampai ketinggalan yaa, HTM Normal.

  • sunting

    • Piala Citra FFI 2004 - Pemeran Utama Wanita Terbaik (Dian Sastrowardoyo)
    • Piala Citra FFI 2004 - Sutradara Terbaik (Rudi Soedjarwo)
    • Piala Citra FFI 2004 - Tata Musik Terbaik (Melly Goeslaw & Anto Hoed)
    • Piala Citra FFI 2004 - Film Pilihan Masyarakat
    • Nominasi Piala Citra - Pemeran Utama Pria (Nicholas Saputra)
    • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Pria (Mang Diman)
    • Nominasi Piala Citra - Pemeran Pembantu Wanita (Ladya Cheryl)
    • Nominasi Piala Citra - Skenario (Jujur Prananto, Rako Prijanto, Riri Riza)
    • Nominasi Piala Citra - Film

  • sunting

    Produser : Mira Lesmana, & Riri Riza
    Sutradara : Rudy Soedjarwo
    Penulis : Jujur Prananto, Prima Rusdi, & Rako Prijanto

  • sunting

  • sunting

    Tim Produksi
    Pengawas Keuangan: Adrian Noor Sitepu, Gustav Budianto, & Ingrid Maria Rosandi
    Manajer Produksi: Danny Saputra, & Johar Joe Mulyono

    Tim Penyutradaraan
    Asisten Sutradara 1: Lasja F. Susatyo, Rako Prijanto, & Sofyan D. Surza
    Koordinator Pemain: Erly Ashy, Hudiansyah, Noer Achmad Saptadi, & Wilza Lubis

    Tim Tata Kamera
    Penata Kamera: Roy Lolang
    Asisten Kamera 1 / Focus Puller: Arya Tedja
    Asisten Kamera 2 / Clapper-Loader: Egom Sutejo, & Indra Birowo

    Tim Tata Cahaya
    Grip: Donny Hendayana
    Tim Tata Suara
    Operator Boom: Eko Bareko

    Tim Tata Artistik
    Penata Artistik: Adrianto Sinaga
    Asisten Penata Artistik: Benny Lauda, & Indra Tamorron Musu
    Dekorator Set: Agus Gondrong
    Penanggungjawab Properti: Moty "The Yellow Brazil V, & Wencislaus

    Tim Tata Kostum
    Penata Kostum: Radot Marpaung
    Asisten Penata Kostum: Bahrudin, Brian Arga, & Junaedi S. B. R.

    Tim Tata Rias
    Penata Rias: Lita Dwiyana
    Asisten Penata Rias: Susan Paloma Dorantes, & Yudi

    Tim Pasca Produksi
    Penyunting Adegan: Dewi S. Alibasah
    Asisten Penyunting Adegan: Yoga K. Koesprapto
    Penata Musik: Anto Hoed, & Melly Goeslaw
    Penata Suara: Adi Molana Machmud, Adityawan Susanto, & Satrio Budiono
    Publicity & Promotions
    Fotografer: Agung Sentausa, & Keke
    Publikasi: Amanda Murahimin, & Didi Suryani

Review

Lihat Semua
(16 Review)
  1. ENIGMATIC Ditulis pada tanggal 17 September 2012 18:32

    bisakah film2 sekarang seperti ada apa dgn cinta yang ditayangkan di berbagai negara, termasuk Malaysia dan Jepang.

  2. ENIGMATIC Ditulis pada tanggal 17 September 2012 18:30

    semua pemain dalam ada apa dengan cinta jadi bintang yang bersinar dan terkenal loh

  3. ENIGMATIC Ditulis pada tanggal 17 September 2012 18:26

    gw suka banget sama isi puisi yang dibacakan cinta waktu di cafe dan gaya rangga yang cool

Laporkan Cerita