Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

24 Juli 2014

Sang Martir

2

Rating Pengguna

1 Votes

1 2 3 4 5

Review

(2 Review)
Tulis Review

Biografi

sunting

Sang Martir, layak namanya yang dalam bahasa Yunani berarti "Saksi" atau "orang yang memberikan kesaksian", Yang bisa di artikan sebagai orang yang rela/berjuang hingga mati demi membela Iman dan kepercayaannya.

Sebuah Film realitas kekejaman antar geng yang seakan-akan menarik dan menghancurkan segala sesuatu yang di sekitarnya. Sebuah penggambaran kekejian gelapnya dunia dengan latar agama yang kuat, berikut ini adalah sinopsis lengkapnya

Sinopsis:

Rangga (Adipati Dolken), mahasiswa usia 20 tahun tinggal sejak kecil di panti asuhan bersama adiknya Sarah (Ghina Salsabila). Panti asuhan ini milik Haji Rachman (Jamal Mirdad) dan istrinya Hajjah Rosna (Henidar Amroe) yang tidak punya keturunan, dan menjadi orang tua bagi anak-anak Panti.


Suatu hari anak panti bernama Lili (Widi Vierra), 17 tahun, diperkosa oleh Jerink (Edo Borne) seorang preman setempat. Kepala premannya Rambo (Tio Pakusadewo), kakak Jerink. Rangga yang sejak awal membenci premanisme meminta pertanggung jawaban Jerink. Rangga dan Jerink terlibat duel, hingga Jerink mati terbunuh oleh pisaunya sendiri. Rangga dipenjara selama 3 tahun. Rambo mengirim orang untuk menghabisi Rangga di penjara, tapi tidak berhasil untuk membalaskan dendam atas kematian adiknya.

Rangga satu sel dengan Pendeta Josep yang melindungi Rangga. Pendeta Josep dijebloskan ke penjara karena kasus Ambon, dan Pendeta yang bijak ini sangat sadar peristiwa Ambon adalah bagian dari konspirasi pengalihan isu. Walau berbeda keyakinan, Rangga dan Pendeta Josep saling menghargai, bahkan Rangga menganggap Pendeta Josep seperti ayahnya.

Situasi panti setelah Rangga di penjara berubah tragis, Haji Rachman mati oleh Rambo untuk menguasai kepemilikan areal panti. Anak-anak panti diberhentikan sekolahnya, dan dijadikan pengemis jalanan. Sahabat Rangga di panti, Arman malah kakinya dipenggal Rambo, karena melawan setelah mengetahui Rambo merebut paksa tanah panti asuhan dari Haji Rachman dengan meracuninya.

Saat Rangga bebas, orang-orang suruhan Rambo siap menghabisinya. Kejar-kejaran antara mereka dengan Rangga menyudutkannya di gang buntu, tiba-tiba sebuah mobil ditumpangi Geng preman lain menyelamatkan Rangga, dan menghabisi orang-orangnya Rambo. Geng itu anak buah Jerry (Ray Sahetapy), musuh bebuyutan Rambo. Bagi Jerry siapapun yang telah membunuh anak buah Rambo berarti saudaranya, sebagaimana ucapannya ke Rangga.

Padahal Jerry punya kepentingan pada Rangga yang nantinya dipekerjakan sebagai kurir bisnis narkobanya. Jerry sangat kharismatik, penguasa wilayah mayoritas Kristen sekaligus donator terbesar gereja di wilayahnya.

Rangga menempati rumah kontrakan milik Jerry berdekatan dengan gereja. Hampir setiap hari seorang gadis remaja, Cinta (Nadine Alexandra) berdiri di luar gereja. Rangga penasaran melihat gadis itu berdoa di luar. Cinta kecewa atas kondisi sosial tempatnya tinggal. Cinta protes untuk tidak masuk gereja hingga semua masyarakat di lingkungannya termasuk pastur gereja berani bicara kebenaran dan keadilan. Cinta tidak membenci agama maupun rumah ibadahnya. Cinta adalah korban perkosaan Daniel (Ganindra Bimo), adik Jerry. Pastur Bono (Adi Kurdi) mengetahui kejadian itu, tapi Pastur tidak berani bicara jujur karena Daniel adik Jerry.

Rangga dan Cinta saling mengenal dan menjadi dekat, dan saling jatuh cinta. Cinta bekerja di pabrik mainan yang dikelola Jerry, pabrik kamuflase bisnis Jerry. Rangga juga bekerja sebagai kurir mainan yang sebenarnya kemasan narkoba.

Konflik geng Rambo dan Jerry semakin memanas karena perebutan wilayah, bahkan situasi jadi lebih parah saat Rambo mendapatkan order seorang oknum untuk mengalihkan perhatian publik atas kasus korupsinya, dengan perang antargeng dan isu bom gereja. Rambo membidik gereja di wilayah Jerry. Sebagai penguasa wilayah panti, Rambo memaksa Rangga untuk jadi martir, sebagai ganti keselamatan semua anak-anak panti asuhan.Dilema bagi Rangga: menyelamatkan anak-anak panti asuhan atau mengikuti perintah Rambo untuk membom gereja.

Durasi: 98 Menit
Genre: Action/Drama

Sumber: Sang Martir Twitter/FilmIndonesia.or.id/Indonesia Film Center/Wikipedia/kapanlagi.com

Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Pimpinan
Pemain Film
Kru Film
  • sunting

    Cerita seru datang dari sang sutradara Film "Broken Hearts", dan "Arwah Goyang Karawang" yang awalnya ia mereview satu dekade setelah reformasi baik itu tentang sosial, politik dan konflik kekerasan berbau soal agama..semangkin dalam ia mengetahui maka ia melihat intrik yang menarik yang penuh dengan konflik-konflik didalamnya sehingga akhirnya review tersebut dirubahnya menjadi sebuah naskah.

    Cerita seru datang dari pemainnya Adipati Dolken dan Widy Vierra. Adipati yang aktingnya bisa kita nikmati di film drama romantis di 5 film sebelum ini (Perahu Kertas 1 & 2, 18 ++: Forever Love, Malaikat Tanpa Sayap, dan Rangga dan Cinta) kali ini ia merasa tertantang dengan karakternya di film ini yang jauh berbeda dari sebelum-sebelumnya.

    Film ini juga menjadi debut perdana dari penyanyi cantik vokalis band Vierra, Widi. Dimana ia berperan sebagai gadis remaja yang menjadi korban kekerasan geng dan pemerkosaan.

    Sang Martir, yang mengambil lokasi seputar Jakarta sebagai penggambaran kekerasan Ibu Kota, walau tidak semua lokasi "Keras" yang menjadi pilihannya terbukti dimana sang sutradara memilih lokasi Museum Mandiri, dan seputaran daerah Kota.

  • sunting

    • Produser: Chand Parwez Servia
    • Sutradara: Helfi Kardit
    • Penulis Naskah: Helfi Kardit

  • sunting

    • Adipati Dolken, sebagai Rangga
    • Widi Vierra, sebagai lily
    • Astri Nurdin, sebagai Istri Jerry
    • Bunga Elisabeth Rihana, sebagai Anak Jerry
    • Edo Borne Putra, sebagai Jerink
    • Fauzan Smith, sebagai Arman
    • Ganindra Bimo, sebagai Daniel
    • Gina Salsabila, sebagai Sarah
    • Henidar Amroe, sebagai Hj. Rosna
    • Jamal Mirdad, sebagai H. Rachman
    • Nadine Alexandra, sebagai Cinta
    • Tio Pakusadewo, sebagai Rambo
    • Titi Qadarsih, sebagai Mama Jerry
    • Yogia Pramatana, sebagai Roy
    • Adi Kurdi, sebagai Pendeta Bono
    • Ray Sahetapy, sebagai Jerry

  • sunting

    Tim Produksi
    Produser Pelaksana: Mangar De Riva

    Tim Tata Kamera
    Penata Kamera: Enggar Budiono

    Tim Tata Artistik
    Penata Artistik: Jimmy Bens Silaen

    Tim Tata Kostum
    Penata Kostum: Canting

    Tim Tata Rias
    Penata Rias: Notje Tatipata

    Tim Pasca Produksi
    Penyunting Adegan: Cesa David Luckmansyah
    Penata Musik: Tya Subiakto
    Penata Suara: Khikmawan Santosa

Review

Lihat Semua
(2 Review)
  1. Mustopa Ditulis pada tanggal 29 Oktober 2012 12:28

    jalan ceritanyua menarik, layak nih film dijadikan referensi untuk setiap remaja menonton nih film.

  2. rayati Ditulis pada tanggal 18 Oktober 2012 14:54

    Sepertinnya filmnya bagus,semoga saja orang lain pun berpikiran begitu

Laporkan Cerita