Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

03 September 2014

Nia Dinata

Galeri

Lihat Semua
2.4

Rating Pengguna

8 Votes

1 2 3 4 5

Review

(16 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
27 Sutradara IFDC Gelar Muktamar di Hari Film Nasional
Intip Trailer dan Film Pendek Terbaru Nia Dinata

Intip Trailer dan Film Pendek Terbaru Nia Dinata

Buat Criters yang ngefans berat dengan Nia Dinata, baru-baru ini sutradara multi-talenta tersebut merilis film pendek terbarunya. Film yang diberi judul Runway Dreams ini terdiri dari tiga film pendek bertema serupa yang diberi judul Downy The Timeless Attraction, Downy The Inspiring Passion dan DowBaca Selengkapnya ..

DAFTAR NOMINASI PIALA MAYA 2012

DAFTAR NOMINASI PIALA MAYA 2012

Dengan suksesnya Pekan Piala Maya pada tanggal 6-7 dan 11-13 Desember 2012, tak terasa malam Penghargaan Piala Maya 2012 akan segera digelar. Pada tanggal 15 Desember 2012, pukul 19.00 s/d 22.00 WIB pantau linimasi akun twitter kalian untuk mengetahui siapa yang keluar sebagai pemenang! Follow @PialBaca Selengkapnya ..

sunting

Biografi

Nia Dinata begitu nama beken dari Nurkurniati Aisyah Dewi yang lahir di Jakarta, 4 Maret 1970. Nia adalah cicit dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata. Ayahnya bernama Dicky Iskandar Dinata, berprofesi sebagai pejabat Bank Nasional Indonesia 46 (BNI 46).

Dari kecil Nia sudah mulai tertarik pada dunia seni. Ia termasuk anak yang lumayan rajin dan perhatian pada dunia pendidikan penyebabnya diantaranya karena buyutnya adalah orang terkenal Indonesia. Masa SD mampu ia lewati dengan baik di SD Muhammadiyah V, Jakarta hingga tahun 1982 Ia lulus.

SMP Negeri 12 Jakarta Ia pilih untuk melanjutkan sekolahnya dan lulus di tahun 1985, SMP mampu Ia lewati denga baik disekolahnya. Setelah SMP Negeri 12 Jakarta Ia mesuk ke SMA Negeri 34 Jakarta, Jakarta dan lulus dengan nilai baik pada tahun 1988. Setelah lulus dan berbekal nilai yang baik serta bahasa inggris yang mumpuni kuliah pun Ia pilih di College, Elizabethtown, Pennsylvania, Amerika Serikat dan hasilnya Ia mampu menyelesaikan masa kuliahnya dengan baik dan waktu yang pas sesuai standar di jurusan Komunikasi Massa dan mengambil program khusus produksi film di New York University. 4 tahun masa kuliah di tahun 1992 Ia pun lulus. Ketertarikannya terhadap dunia seni peran semakin membuatnya gila akan sekolah di sekolah Film Program NYU Tisch School of Art, Amerika Serikat setelah lulus kuliah.

Setelah pulang dari Amerika tahun 1995, Nia mengerjakan berbagai proyek komersial untuk TV. Sejak saat itu, ia banyak menyutradarai berbagai iklan televisi dan klip musik. Film layar lebar pertamanya adalah Ca Bau Kan, yang diproduksi tahun 2001.

Nia mengerjakan berbagai proyek komersial untuk televisi. Pada tahun 1998, ia memenangi penghargaan Gambar Terbaik dan Drama Terbaik dalam Festival Sinetron Indonesia untuk drama lepas yang berjudul Mencari Pelangi. Sejak saat itu, ia banyak menyutradarai berbagai iklan televisi dan klip musik. Film layar lebar pertamanya adalah Ca Bau Kan, yang diproduksi tahun 2001. Sebagai sutradara film ini, Nia memeangi penghargaan Best Promising New Director dan Best Art Director di Asia Pacific Film Festival.

Nia pernah membuat Film yang bersetting sejarah 1930-an, menceritakan kisah tokoh pejuang berkebangsaan Tionghoa dengan dibintangi oleh Ferry Salim dan Lola Amaria. Tahun 2004, dia menyutradarai film ARISAN! dengan pemain Surya Saputra, Cut Mini dan Tora Sudiro. Film ini mendapat banyak penghargaan, termasuk dari Festival Film Indonesia dan MTV Movie Awards.

Pada bulan April 2003, bersama-sama Afi Shamara, Nia menjadi produser dan meluncurkan film kedua yang berjudul Biola Tak Berdawai. Film ini juga merupakan debut bagi seorang sutradara independen, Sekar Ayu Asmara.

Sejak Arisan! di-release bulan Desember 2003, Nia banyak mengikuti festival film internasional di luar negeri. Film tersebut dinilai memberi warna lain dalam dunia perfilman Indonesia sehingga banyak mendapat pujian dari kritikus film dalam dan luar negeri. Baca Selengkapnya ..

Filmografi

Lihat Semua
Info Tambahan
Penghargaan
  • sunting

    Sutradara Madame X ini, sangat tertarik sama batik sampai-sampai dia membuat film berdurasi 70 menit ceritain tentang batik, judul filmnya "Batik Our Love Story", Film ini rilis bulan oktober lalu, tapi film besutan kakak ipar dari Ersa Mayori ini belum banyak yang tau dan gak diputar di bioskop tapi kalau ingin nonton bisa hubungi Kalyana Shira Foundation. Bekerjasama dengan pelembut pakaian Downy, Nia Dinata membuat film berjudul Runway Dreams yang dibintangi oleh Fitri Tropica dan model cantik Karenina.
  • sunting

    * 2004 - Arisan!, Best Picture and Most Popular Film di Cinemasia Film Festival Amsterdam. Film Arisan! juga memenangkan Best Picture, Best Director dan Most Favorite Supporting Actor dalam MTV Indonesia Movie Awards.

    * 2003 - Di Cairo International Film Festival, film ini memenangkan Naguib Mahfouz Prize untuk First/Second Work Director.
    * 2003 - Ca-bau-kan, Academy of Motion Picture Art & Science (AMPAS) untuk diputar sebagai kandidat nominasi Film Asing.
    * 2002 - Best Promising New Director and Best Art Director di Festival Film Asia Pasifik, Seoul, Korea.

Review

Lihat Semua
(16 Review)
  1. Mustopa Ditulis pada tanggal 31 Agustus 2012 14:22

    banyak sineas-sineas muda berbakat di indo, tinggal kreatifitas dari produser dan sutradara yang mengangkat cerita ke layar lebar.

  2. rayati Ditulis pada tanggal 10 Agustus 2012 09:59

    Nia dinata seorang yang kreatif,sempat jadi produser,film-filmnya bikin orang terpesona,membuat orang suka film Indonesia

  3. kulinet Ditulis pada tanggal 20 Juni 2012 09:36

    nia dinata mana nih karya layar lebarnya yang baru kok belum muncul juga ya

Laporkan Cerita