Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

22 Oktober 2014

Sang Pencerah

Galeri

Lihat Semua
2.3

Rating Pengguna

3 Votes

1 2 3 4 5

Review

(4 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Inilah Alasan Kemendikbud Luncurkan Bioskop Keliling

Inilah Alasan Kemendikbud Luncurkan Bioskop Keliling

Sejak hari akhir tahun lalu, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melulncurkan bioskop killing atau mobile cinema. Peluncurannya sendiri dilakukan di halaman kantor Kemendikbud di bilangan Senayan Jakarta oleh Mendikbud Mohammad Nuh yang didampingi oleh jajaran pejabat eselon 1 KBaca Selengkapnya ..

Cerita Dibalik Kontroversi Sang Pencerah VS Panitia FFI

Cerita Dibalik Kontroversi Sang Pencerah VS Panitia FFI

Mungkin tak banyak yang tahu kalau Sang Pencerah karya Hanung Bramantyo sempat mengalami hal yang tidak mengenakkan dengan panitia Festival Film Indonesia (FFI) di tahun 2010 lalu. Kontroversi ini dimulai pada saat pengumuman film-film yang lolos seleksi FFI 2010, yang mana ternyata film Sang PencerBaca Selengkapnya ..

sunting

Sang Pencerah adalah film drama tahun 2010 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo berdasarkan kisah nyata tentang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan. Dibintangi oleh Lukman Sardi sebagai Ahmad Dahlan, Ihsan Idol sebagai Ahmad Dahlan Muda, dan Zaskia Adya Mecca sebagai Nyai Ahmad Dahlan.

Sang Pencerah mengungkapkan sosok pahlawan nasional dari sisi lain yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, Ahmad Dahlan dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia. Ia memperkenalkan wajah Islam yang modern, terbuka, serta rasional.

Info Tambahan
Penghargaan
Pemain
Kru
Sinopsis
  • sunting

    Mungkin tak banyak yang tahu kalau Sang Pencerah karya Hanung Bramantyo sempat mengalami hal yang tidak mengenakkan dengan panitia Festival Film Indonesia (FFI) di tahun 2010 lalu. Kontroversi ini dimulai pada saat pengumuman film-film yang lolos seleksi FFI 2010, yang mana ternyata film Sang Pencerah tidak lolos FFI. Padahal Sang Pencerah adalah salah satu film yang dianggap dan dijagokan untuk masuk dalam jajaran nominasi FFI 2010.
    "Dewan juri yg terhormat mengadakan konfrensi pers untuk nenjelaskan kenapa #SangPecerah tidak lolos FFI 2010. Dan alasan Dewan Juri yg terhormat #SangPecerah tidak lolos FFI 2010 karena Ada unsur Sejarah yg kurang tepat. Alasan yg cukup aneh,karena ini bukan Festival Film Sejarah,ini FFI dan film #SangPecerah Adalah interpertasi sang director," tulis Lukman Sardi lewat akun twitternya. "Kontroversi #SangPencerah blm terhenti sampai disitu. Pada saat masuk ke seleksi akhir yg dinilai oleh juri akhir yg beda dgn juri Awal,ternyata #SangPencerah diloloskan oleh juri akhir. Jadi terjadi dualisme penilaian terhadap #SangPencerah di #FFI2010...lalu apa yg terjadi?" tanya Lukman. "Ini yg paling ajaib,krn juri akhir meloloskan #SangPencerah maka mereka semua dipecat oleh panitia #FFI2010. Dan panitia menunjuk juri2 baru yg tentunya nurut sama mereka." Yang menarik, Lukman pun menyebutkan kalau para juri yang dipecat kemudian mengadakan konfrensi pers dan mengumumkan Pemenang versi mereka yang didominasi oleh film 3 Hati 2 Dunia 1 Cinta sebagai film terbaik."

  • sunting

    • Ihsan Taroreh - Sang Pencerah Aktor/Aktris Pendatang Baru Terfavorit Indonesian Movie Awards 2011
    • Film Indonesia Terbaik (Penghargaan Khusus Juri) Jakarta International Film Festival 2010
    • Film Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Lukman Sardi - Sang Pencerah Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Hanung Bramantyo - Sang Pencerah Sutradara Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Faozan Rizal - Sang Pencerah Penata Kamera Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Allan Sebastian - Sang Pencerah Penata Artistik Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Slamet Rahardjo Djarot - Sang Pencerah Pemeran Pembantu Pria Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Hanung Bramantyo - Sang Pencerah Penulis Skenario Terpuji Festival Film Bandung 2011
    • Wawan I Wibowo - Sang Pencerah Penata Editing Terpuji Festival Film Bandung 2011

  • sunting

  • sunting

    • Sutradara : Hanung Bramantyo
    • Penulis : Hanung Bramantyo
    • Musik oleh : Tya Subiyakto Satrio
    • Sinematografi : Faozan Rizal
    • Penyunting : Wawan I. Wibowo

  • sunting

    Sepulang dari Mekah, Darwis muda (Muhammad Ihsan Tarore) mengubah namanya menjadi Ahmad Dahlan. Seorang pemuda usia 21 tahun yang gelisah atas pelaksanaan syariat Islam yang melenceng ke arah sesat, Syirik dan Bid'ah.

    Dengan sebuah kompas, dia menunjukkan arah kiblat di Masjid Besar Kauman yang selama ini diyakini ke barat ternyata bukan menghadap ke Ka'bah di Mekah, melainkan ke Afrika.

    Usul itu kontan membuat para kiai, termasuk penghulu Masjid Agung Kauman, Kyai Penghulu Cholil Kamaludiningrat (Slamet Rahardjo), meradang.

    Ahmad Dahlan, anak muda yang lima tahun menimba ilmu di Kota Mekah, dianggap membangkang aturan yang sudah berjalan selama berabad-abad lampau.

    Walaupun usul perubahan arah kiblat ini ditolak, melalui suraunya Ahmad Dahlan (Lukman Sardi) mengawali pergerakan dengan mengubah arah kiblat yang salah. Bagaimanakah nasib Ahmad Dahlan selanjutnya? akankah ia mendapat kecaman dari para kyai?

Review

Lihat Semua
(4 Review)
  1. Nestia Ditulis pada tanggal 25 April 2012 17:48

    nice bgt ni film ..good

  2. Public Anonymous User Ditulis pada tanggal 02 November 2011 19:10

    Film dari hanung selalu membuat saya penasaran karena secara jujur 1pun film hanung yang sudah saya tonton..tapi yang jadi pertanyaan kenapa selalu Lukman Sardi yaa

Laporkan Cerita