Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

30 Juni 2015

Batu Cincin

0

Rating Pengguna

0 Votes

1 2 3 4 5

Review

(0 Review)
Tulis Review
sunting

Kegemaran masyarakat mengoleksi dan 'menggosok' batu mulia mulai mewabah lagi setelah beberapa saat sempat tak pernah terdengar. Dimana-mana, hampir semua orang pasti membicarakan batu yang satu ini, mulai dari warna-warna batu tersebut sampai dengan harga pasarannya. Akibat Nge-trend nya batu ini, menjadikan trotoar yang biasa digunakan untuk berjalan kaki, kini beralih fungsi menjadi tempat berdagang batu akik.

Mungkin dulu pemakai mineral alam berwarna unik ini adalah para orang tua, atau bahkan identik dengan dukun. Namun sekarang, dengan gencarnya media memberitakan tentang batu akik, membuat 'demam' ini meradang ke segala penjuru usia. Sekarang tak aneh lagi jika anak yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas, memakai batu alam tersebut untuk sebuah aksesori.

Batu alam telah menjadi hiasan tubuh sejak ribuan tahun yang lalu. Dan negara yang pertama kali menggunakan batu sebagai hiasan adalah negara-negara yang terletak di belahan timur seperti India, Birma, Srilangka, Cina, Afghanistan, Mesir hingga Indonesia. Hal ini bisa ditemukan di berbagai peninggalan masa lalu dimana banyak perhiasan, peralatan makan, kuil hingga senjata berhiaskan batuan alam.

Pembentukan batu alam secara alami terjadi melalui proses geologi sebagaimana batuan lainnya, misalnya melalui diferensiasi magma, metamorfosa, atau sedimentasi. Aktifitas magma di perut bumi membawa batuan cair di atas 1.000 derajat celcius ini terus bergerak dalam selubung bumi. lapisan kerak Bumi, yang tersusun dari lempeng-lempeng yang terus bertumbukan dan menyisakan banyak retakan. Tekanan yang kuat dari dalam cenderung mendorong magma untuk mencari jalan keluar ke permukaan. Ketika cairan superpanas dan bertekanan tinggi ini mulai naik, cairan ini akan melarutkan berbagai batuan lain yang telah ada. Terjadilah proses pelarutan atau ubahan hidrotermal yang membuat terbentuknya bermacam jenis batuan selama jutaan hingga miliaran tahun yang lalu.

Salah satu batu yang memiliki tingkat kekerasan paling tinggi adalah intan atau berlian. Skala kekerasan intan mencapai 10 mohs, disusul batuan safir dan rubi (mirah delima) yang mencapai 9 mohs, zamrud mencapai 7-8 mohs. Batuan akik atau yang dalam istilah gemstone digolongkan sebagai batuan setengah mulia memiliki kekerasan kurang dari 7 mohs.

Berbeda dengan intan, batuan akik terbentuk saat larutan hidrotermal semakin mendingin karena semakin dekat permukaan. Sambil berjalan ke atas, dia mengisi rekahan dan pori-pori batuan, dan bahkan mengisi fosil kayu sehingga membatu. "Batuan akik terbentuk oleh tudung-tudung silika atau larutan hidrotermal, yang tidak terlalu jauh dari permukaan. Temperaturnya kira-kira 300 derajat Celsius

Batuan akik ini bisa ditemui hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dari 34 provinsi di Indonesia, hanya Jakarta tidak mempunyai batuan akik. Sementara intan, sejauh ini hanya ditemukan di Kalimantan.

Kekayaan batuan mulia dan setengah mulia ini karena aktivitas geologi Indonesia sejak jutaan tahun lalu. Sejauh ini, aktivitas geologis tertua di Indonesia yang terlacak terjadi sekitar 400 juta tahun lalu, ditemukan dari fosil sejenis kerang yang berada di puncak gunung-gunung di Papua. Ini menandai adanya aktivitas tektonik luar biasa sehingga bisa mengangkat dasar laut hingga membentuk pegunungan tertinggi di Indonesia.

Artikel terkait:
Misteri mimpi batu mustika senilai puluhan miliar
Batu akik berlafadz Allah banyak yang gak asli
Batu akik Gunung Kidul tetep gak bisa ngalahin batu akik Nyi Roro Kidul
Gua batu akik di Pamekasan Madura
Batu akik Indonesia disaingi batu opal Australia
Weiss.. batu akik giok Arab bermotif naga dijual Rp 18 miliar

Jenis Batu dan manfaatnya
Tahukah kamu?
  • sunting

    Alexandrite
    Alexandrite dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, meningkatkan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Di Rusia, Alexandrite dipercaya sebagai pembawa pertanda baik. Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.

    Amethyst (Kecubung)
    Digunakan untuk meningkatkan kekuatan batin/spiritual serta kewaspadaan intuitif seseorang. Juga digunakan untuk meredakan sakit kepala. Lagenda mengatakan, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, akan mencegah terjadinya keracunan.

    Aquamarine
    Aquamarine sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Dikatakan dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Selain itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Menurut legenda, memakai Aquamarine sebagai anting/giwang akan membawa cinta dan pengaruh baiknya. Kegunaan lainnya yaitu membantu mata/pengelihatan, mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.

    Bloodstone
    Kegunaan utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, memerangi trauma phisik, menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah. Bloodstone dipercayai dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan belaka. Selain fungsinya untuk pengubatan tradisional, selama ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.

    Carnelian
    Carnelian digunakan untuk menjernihkan pikiran (tidak mampu untuk melihat kenyataan). Dapat menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta meningkatkan level/tingkat energi. Sekitar tahun 1700 an, Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, membawa keberuntungan serta kenyamanan. Di tahun 1800 an, Carnelian dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

    Chrysoprase
    Chrysoprase sering digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan jiwa/emosi. Sering disebut sebagai Batu Kemenangan ("Victory Stone"). Pada tahun 1800 an, Chrysoprase dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan (invisible). Khasiat lainnya yaitu memperkuat jantung dan mata, membantu konsentrasi dalam bekerja, mencegah mimpi buruk, mengusir iblis dan menghilangkan kerumitan pikiran. Batu ini baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (pengarang, pencipta lagu).

    Citrine (cempaka)
    Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah/Spirit, Membantu asimilasi dari makanan, membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka serta mengembangkan ketenangan mental.

    Diamond (Berlian)
    Berlian dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas baik positif dan negatif, langsung dan jujur. Juga membantu mengatasi rasa ketidak amanan secara material. Semakin baik kualitas berlian, semakin baik daya bantunya. Merupakan lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Orang Hindu percaya bahwa berlian yang kurang baik mutunya atau mengandung bercak, membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut/menghilangkan Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga. Di masa kini diamond dengan kualitas paling rendahpun (misalnya warnanya buruk), masih digunakan untuk keperluan industri.

    Emerald (Zamrud)
    Emerald digunakan untuk penyembuhan fisik dan emosional yaitu mengatasi penyakit di saraf maupun kejernihan batin. Di Persia dan sekitarnya dikatakan bahwa "Siapa yang memiliki pesona ini akan menikmati perlindungan khusus dari Tuhan". Menurut legenda, Emerald berfungsi menguatkan memori dari pemiliknya, mempercepat daya pikir maupun kreativitas dan menolong untuk memprediksi masa depan.

    Garnet
    Menyeimbangkan gangguan di kelenjar Thyroid, mengatasi kurangnya toleransi terhadap orang lain, mengurangi kekerasan hati dan perasaan rendah diri.

    Goldstone (Pasir Emas)
    Goldstone dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap pengembara. Merupakan salah satu batu para petualang.

    Jade (Giok)
    Giok dikatakan dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Disebut sebagai batu dengan keseimbangan yang sangat baik, menolong seseorang untuk menyelaraskan pikiran dan tindakan serta mengatasi kekurang praktisan cara berpikir. Giok adalah intisari dari cinta, dihargai sebagai batu yang spesial. Dipercayai bahwa beberapa rahasia kebajikan akan menyerap ke dalam tubuh. Legenda mengatakan bahwa penjelajah Spanyol ke Amerika Tengah menggunakan jimat dari giok untuk mencegah serta menyembuhkan sakit pinggul dan ginjal.Kegunaan lain bagi kesehatan yaitu meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital. 

    • Jade Hijau
      Dapat meringankan gangguan pencernaan, membantu fungsi hati dan mengurangi kerusakan pada mata.
    • Jade Merah
      Membantu memerangi penyakit kewanitaan, terutama pada organ kandungan
    Jasper (Ati Ayam)
    Jasper dapat mengusir jin/roh jahat dan melindungi terhadap ular maupun gigitan labah-labah. Bagi kesihatan, Jasper membantu proses penyembuhan dari lambung, menyeimbangkan kerja kelenjar endocrine. Di abad ke 4, Jasper dikenal sebagai pembawa hujan yang hebat. Jenis-jenis Jasper dan bantuan yang dapat diberikan : 
    • Jasper kulit Leopard 
      dikatakan dapat memberikan orang apa yang mereka butuhkan.
    • Poppy Jasper
      Membantu memberi kebahagiaan didalam hidup.
    • Opalite Jasper
      Dapat membantu untuk tidur nyenyak
    • Jasper Coklat
      Membantu fungsi hormonal wanita dan mengatasi rasa tidak aman
    • Jasper Hijau
      Membantu fungsi usus kecil, mencegah sembelit, mengurangi kejang pada usus serta memerangi luka di lambung, selain itu juga mengurangi Stress/rasa tertekan yang parah maupun meningkatkan perilaku mental secara positif
    • Jasper Merah
      Menyeimbangkan kerja lambung dan pancreas, meningkatkan energi serta memberikan perlindungan terhadap tekanan dari pihak luar
    Lapis Lazuli
    Lapis membantu seseorang untuk lebih memahami diri sendiri dan meluaskan sudut pandang. Juga membantu ketidakmampuan seseorang untuk menerima kepemimpinan orang lain. Baik untuk menentukan pilihan antara kata hati dan nalar, memberikan kebijaksanaan dan kejujuran. Menurut legenda, Lapis Lazuli melindungi pemakainya dari kekuatan jahat. Merupakan obat galau dan demam tertentu serta menguatkan tubuh selama mengalami kesadaran spiritual.

    Moonstone (Biduri Bulan)
    Moonstone dikatakan dapat menyeimbangkan yin/yang, mengatur fungsi kelenjar Pituitary, menjernihkan dan meningkatkan panca indera. Juga membantu orang yang kurang sensitif/tanggap terhadap diri sendiri dan orang lain (mengurangi keegoisan). Di India, moonstone dihargai sebagai batu suci/keramat. Dipercaya akan membawa masa depan yang baik. Lagenda mengatakan bahwa Moonstone adalah hadiah yang sangat berharga untuk kekasih karena akan membangkitkan gairah kelembutan dan biasa disebut sebagai batu yang menimbulkan cinta kasih.

    Onyx
    Onyx dan Sardonyx dapat membantu koordinasi tubuh, memberi perlindungan dari pengaruh buruk lingkungan sekitar serta dapat mengendalikan diri. Onyx Hitam digunakan untuk mengubah suatu kebiasaan buruk. Onyx Mexico (chalcedony putih dan coklat) menolong agar tidur nyenyak. Sardonyx adalah pelindung terhadap mantera atau ilmu sihir. Juga dapat menajamkan rasa humor dari pemakainya.

    Opal (Kalimaya)
    Opal digunakan untuk meningkatkan kewarasan akal yang kurang stabil, membantu seseorang memiliki kemampuan berbagi rasa cinta dan meningkatkan kestabilan psikologis. Orang Arab percaya bahwa opal jatuh dari surga saat banyak petir, dari situ Opal mendapat warnanya yang berapi. Zaman dulu Opal dianggap sebagai lambang kejujuran dan percaya diri. Opal sangat kuat pengaruhnya dalam ritual sihir. Kerana Opal berkualitas mengandung semua warna dari batu kelahiran lain, dapat dipergunakan atau diisi dengan energi serta kekuatan dari kombinasi semua batu kelahiran, juga digunakan untuk menggantikan batu kelahiran lain didalam menyebut mantra, ritual atau keperluan lain dari kekuatan sihir. Sering dihubungkan dengan alam maya dan penonjolan astral, juga digunakan untuk memanggil kembali roh yang sudah tiada (tiap warna mewakili sebuah kehidupan dari masa lalu). Opal memiliki kemampuan untuk penyembuhan, terutama meningkatkan kapasitas mental seperti imajinasi yang kreatif, kekuatan pikiran lain yang belum digunakan selama ini. Dari segi kesehatan Opal dipercaya dapat membantu proses asimilasi protein. Fire Opal sering digunakan di dalam kegiatan pengumpulan dana bagi yang memerlukan, biasa dikenakan sebagai Mahkota dengan kalung emas yang dikelilingi 10-12 berlian, dipercaya mempunyai kekuatan untuk memperoleh rejeki yang banyak. 
    • Opal Hitam
      Digunakan para tukang sihir/sulap untuk meningkatkan penerimaan terhadap sulap/sihir mereka dan juga menonjolkan kekuatan mereka. Opal Hitam yang dikenakan dekat jantung sebagai kalung dan terbuat dari emas dikatakan dapat mengusir Setan, melindungi orang dari mata Setan, melindungi pengembara dalam perjalanan menuju tempat yang jauh. Opal juga telah digunakan sebagai ramuan ajaib untuk menyembuhkan tubuh, mengusir mimpi buruk dan sebagai alat untuk meningkatkan energi.
    • Opal Putih
      Digunakan pada ritual disaat malam bulan purnama, dikatakan membawa kekuatan dari Dewi Bulan bagi tercapainya harapan bagi orang yang melaksanakannya
    Opal sangat dihargai pada abad pertengahan, disebut sebagai "ophthalmios" atau "Batu Mata," oleh karena kepercayaan yang luas bahwa Opal bermanfaat bagi indra penglihatan dan menyembuhkan penyakit mata. Wanita berambut pirang memakai kalung Opal untuk melindungi dari hilangnya warna rambut mereka. Opal Hitam dihargai sebagai batu yang sangat membawa keberuntungan.

    Pearl (Mutiara)
    Mutiara menolong seseorang untuk lebih mengenal diri sendiri dan meningkatkan penghargaan terhadap dirinya. Mutiara membuat pemakainya dapat merasakan cinta dari orang yang memberi mutiara tersebut serta meningkatkan kewanitaan Kegunaan lain iaitu membantu terbentuknya antibodi dan melawan infeksi serta membantu ketidakmampuan seseorang dalam mendidik orang lain.

    Peridot
    Peridot digunakan untuk membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Lagenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi Peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika Peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari niat tidak baik manusia di malam hari. Untuk kesihatan, Peridot membantu fungsi dari mengalami ketegangan emosional/stress.

    Quartz
    Quartz digunakan untuk keseimbangan, meningkatkan energi, mengatasi fikiran negatif, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk dan berbagai penyembuhan. Quartz juga mengatasi perasaan tidak diinginkan atau penolakan yang diterima seseorang. Quartz bening tanpa warna yang dibentuk sebagai bola kristal, telah digunakan oleh peramal sejak abad pertengahan untuk melihat dan memperkirakan masa depan. Jenis-jenis Quartz dan bantuan yang dapat anda terima adalah : 
    • Druzy Quartz
      Membantu seseorang yang tidak memiliki kecakapan untuk memahami persoalan (tidak mempunyai pengertian yang mendalam)
    • Rutilated Quartz
      Mengurangi cara berpikir yang negatifnya saja
    • Smokey Quartz/Kwarsa Coklat
      Memberi kestabilan emosional
    • White Quartz/Kwarsa Putih
      Meningkatkan penghargaan terhadap diri sendiri
    • Rose Quartz
      Digunakan untuk keseimbangan emosi bagi seseorang, untuk hati yang terbuka dan untuk meminta maaf/pengampunan. Rose Quartz juga dipercaya dapat mempertahankan keremajaan kulit serta mengatasi rasa rendah diri yang parah
    Ruby (Delima)
    Ruby dikatakan akan membuka hati seseorang terhadap rasa cinta, mengatasi rasa takut menjadi jelek dan tidak dicintai serta menghilangkan kekurang beruntungan. Ruby juga dipakai untuk perlindungan terhadap perilaku sensitif dan menghindari perilaku menyimpang (mencegah terjadinya schizophrenia). Menurut legenda zaman dahulu, Ruby mampu untuk merujukkan/mendamaikan sepasang kekasih.

    Sapphire (Safir/Nilam)
    Sapphire dapat menjernihkan fikiran, meningkatkan kedamaian, kebahagiaan serta meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup. Raja-raja dahulu kala mengenakan Sapphire di leher mereka sebagai pertahanan yang kuat terhadap bahaya (kononnya tolak bala). Batu ini akan melindungi pemakainya dari rasa syirik dan membuat mereka merasa dekat ke Tuhan. Batu ini dipercaya dapat membantu seseorang yang merasa tidak memiliki kesempatan untuk tujuan/akhir yang lebih baik. Untuk kesehatan Sapphire dapat meningkatkan kadar potassium, magnesium, calcium dan melepaskan depresi mental.

    Topaz
    Topaz digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih. Zaman dahulu, ukiran burung elang di batu Topaz digunakan untuk menyatakan niat baik dari seorang raja, ratu dan hartawan. Orang Yunani mempercayai Topaz memberikan kekuatan. Topaz juga membantu mengatasi rasa marah (menenangkan emosi) dan melindungi terhadap tekanan pihak luar.

    Tourmaline
    Tourmaline digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jaringan lymphatic dan anemia. Juga digunakan untuk meningkatkan kesuksesan dan keberhasilan. Tourmaline Pink untuk perlindungan dan meningkatkan keseimbangan pada wanita, sedang Tourmaline Hijau meningkatkan keseimbangan pada lelaki. Menurut legenda, pemakainya akan diperingatkan dari adanya bahaya dan kekurang beruntungan.

    Turquoise (Pirus)
    Turquoise membantu orang dalam memulai usaha baru. Dapat memperingatkan pemakainya dari bahaya/penyakit yang akan menyerang dengan perubahan warnanya. Di abad ke 13 Turquoise dikatakan melindungi pemakainya dari jatuh, terutama dari kuda. Juga digunakan bagi relaksasi tubuh, mengatasi rasa was-was/bingung, kekacauan mental, menenangkan emosi. Orang Indian percaya bahwa jika turquoise direkatkan di busur, anak panah yang ditembakkan pasti akan mengenai sasarannya. Juga dipercayai akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan

    Zircon
    Seperti Crystal, Zircon digunakan untuk berbagai penyembuhan. Zircon membantu seseorang untuk berdamai dengan dirinya sendiri dan mengatasi perasaan negatif atau rasa frustasi serta meningkatkan perilaku positif. Juga membuat pemakainya lebih bijaksana, terhormat dan kaya. Hilangnya cahaya/kilau dari sebuah Zircon dikatakan memperingatkan akan adanya bahaya bagi pemiliknya.

  • sunting

    1. Negara-negara di belahan timur adalah yang pertama untuk menggunakan batu mulia atau permata
    2. Terdapat 3.000 jenis mineral di Bumi dan hanya 150-200 mineral yang bisa digolongkan jenis batu mulia
    3. Zamrud dikatakan telah dikenal sejak 2000-1800 SM, safir dan ruby ​​600-500 SM dan berlian sejak 480 SM
    4. Batu mulia telah menyebabkan eksplorasi dan perjalanan dari pedagang permata serta membentuk sumber informasi yang bermanfaat mengenai Timur ke Eropa di abad pertengahan.
    5. Penambangan batu permata mungkin merupakan bentuk tertua dari pertambangan. Manusia primitif dikatakan telah mengenal 18 jenis permata dan batu hias sebelum mereka tahu jenis-jenis logam.
    6. Pada tahun 3400 SM tambang turquoise (Pirus) di Semenanjung Sinai dioperasikan, bisa jadi merupakan perusahaan manusia pertama dalam pertambangan batu keras.
    7. Tambang zamrud Mesir di pantai laut merah yang dioperasikan sekitar tahun 1925 SM.
    8. Penggalian berlian dari India dan tambang safir-ruby srilangka beroperasi sekitar tahun 800-600 SM. 
    9. Brasil menjadi terkenal dalam pertambangan berlian pada tahun 1725 yang pada gilirannya digantikan oleh Afrika Selatan pada tahun 1870.

Laporkan Cerita