Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

23 November 2014

Kota Jember

Galeri

Lihat Semua
0

Rating Pengguna

0 Votes

1 2 3 4 5

Review

(0 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Inilah Penjelasan Cara 'Hacker Jember' Menyabotase Situs SBY

Inilah Penjelasan Cara 'Hacker Jember' Menyabotase Situs SBY

Inilah repotnya mempunyai hobi yang tidak tersalurkan dengan baik, Criters masih ingat dengan cerita situs Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (www.presidensby.info) yang berhasil di 'dimodifikasi' oleh hacker yang mengklaim dirinya Jember Hacker Team kemarin? Namun bagaimana seorang&nBaca Selengkapnya ..

Curhat Ortu Wildan 'Hacker Jember' Situs SBY

Curhat Ortu Wildan 'Hacker Jember' Situs SBY

Criters, Wildan Yani yang merupakan mantan pelajar SMK dari Kecamatan Balung, Jember tertangkap sudah oleh Tim Cyber Crime Mabes Polri. Lalu sudah tahukah siapa dan kenapa Wildan Yani tertangkap oleh Tim Cyber Crime Mabes Polri?   Cerita ini bermula pada hari Rabu 9 Januari 2012 dimBaca Selengkapnya ..

Ajang Hobi Hacker Iseng Berujung Penjara

Ajang Hobi Hacker Iseng Berujung Penjara

Aksi hacker yang berhasil meretas situs presidensby.info sempat membuat heboh beberapa waktu lalu. Sebenarnya aksi tersebut bukanlah kategori 'hacking' dengan tidak adanya perubahan isi konten dalam situs. Hanya saja ada perubahan domain name system (DNS) situs presiden yang kebetulan berada di TexaBaca Selengkapnya ..

sunting

Kilas Kota

Kalau bicara tentang Jember, mungkin banyak orang yang akan mengatakan bahwa Jember bukanlah suatu kota yang besar. Kota ini merupakan ibukota Administratif Jember yang juga merupakan pusat kota Kabupaten Jember. Menurut Wikipedia, kabupaten Jember dibentuk berdasarkan Staatsbland Nomor 322 tanggal 9 Agustus 1928 dan sebagai dasar hukum baru mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 1929. Bersamaan dengan pembentukan Kota Administratif Jember tersebut, maka wilayah Kewedanan Jember bergeser pula dari Jember ke Arjasa dengan wilayah kerja meliputi Arjasa, Pakusari, dan Sukowono yang sebelumnya masuk Distrik Kalisat. Ya, kota Jember dahulu merupakan kota administratif, namun sejak tahun 2001 istilah kota administratif dihapus, sehingga Kota Administratif Jember kembali menjadi bagian dari Kabupaten Jember.

Jember merupakan pusat regional di kawasan timur tapal kuda. Meskipun tidak sebesar kota-kota di Jawa Timur lainnya, Jember nyatanya juga memiliki landmark yang menjadi andalan kota tersebut. Adalah Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember yang terletak di jantung kota merupakan kebanggaan masyarakat Jember. Tidak ada kepastian mengenai sejarah pendirian masjid ini. Namun yang jelas, Masjid tersebut pernah direnovasi pada tahun 1939 dan kemudian diperbaharui lagi hingga terlihat seperti sekarang ini.

Sejak awal, Masjid dibangun berdekatan dengan alun-alun kota. Keberadaan alun-alun sebagai pusat kota memang merupakan kebijakan pemerintah kolonial Belanda. Di setiap sentral kota kabupaten diletakkan alun-alun sebagai simbol kekuasaan Pemerintah Belanda. Bangunan Masjid tergolong unik karena memiliki tujuh buah kopel berbentuk bundar yang menggambarkan luasnya kebutuhan umat manusia tanpa dibatasi sudut-sudut tertentu. Gambaran kebutuhan ini kemudian tertuang dalam bentuk kubah yang menutupi hampir keseluruhan badan bangunan. Pemilihan bentuk bundar sebagai dasar filosofis bangunan timbul dari kesadaran bahwa bentuk ini mempengaruhi semua agama dan tradisi. 

(Dikutip dari berbagai sumber)

(Foto: Kota Jember Twitter,yustian.com,andryberlianto.wordpress.com)

Pemerintahan/Administrasi
Hiburan/Wisata/Kuliner
Event Budaya/Tradisi
Kata Mereka
Pendidikan/Sekolah
Tahukah Kamu
  • sunting

    Bupati : Ir. MZA Djalal, M.Si. (2010-2015)

    Wakil : Kusen Andalas SIP (2010-2015)

    Gubernur Jawa Timur : Dr H Soekarwo

    Wakil Gubernur : Drs. H. Saifullah Yusuf

    Fraksi - Fraksi DPRD Kota Jember:

    FRAKSI PARTAI DEMOKRAT

    FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

    FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

    FRAKSI PDI-PERJUANGAN

    FRAKSI PARTAI GOLKAR

    FRAKSI PARTAI AMANAT NASIONAL

    FRAKSI PARTAI HANURA

    FRAKSI PKNU (KEBANGKITAN NASIONAL ULAMA)

  • sunting

    Sesuai dengan letak dan lokasinya yang strategis, kota Jember selalu identik dengan Kota tapal kuda dengan 1000 bukit. Disebut sebagai Kota Tapal Kuda karena sekilas wilayah ini memang mirip dengan bentuk tapal kuda. Dan tak hanya itu, menurut sejarahnya, daerah Tapal Kuda dulunya disebut sebagai Blambangan atau dalam budaya Jawa disebut daerah bang wetan alias seberang timur.

    Sedangkan disebut kota 1000 Bukit karena di kota Jember ini memiliki setidaknya 1666 bukit yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember.

    Wisata dan Kuliner

    1. Pantai Pasir Putih

    3. Pantai Bandealit

    5. Pantai Puger

    7. Pantai Patemon

    Rekreasi:

    2. Air Terjun Tancak

    4. Air Terjun Sumberjambe-Rowosari.

    6. Wisata Lori

    8. Niagara Water park

    1. Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember, yang merupakan landmark kota Jember.

    1. Matahari Departement Store di pusat perbelanjaan "Johar Plaza".

    2. Toko baju "Nico"

    4. Golden Market Mall yang terletak di Jl. Trunojoyo.

    5. Pasar Tradisional terbesar di jember adalah "Pasar Tanjung" yang menyediakan keperluan sehari-hari seperti bahan pokok dan sayur mayur.

    7. Dira I (Swimming Pool, Swalayan, Fashion Store, Convention Hall)

    9. Larisso Plasa (Swalayan & Dept. Store)

    11. Dammiq Swalayan

    Kuliner

    Untuk wisata kulinernya, Jember sangat khas dengan makanannya yang berupa Suwar-suwir (dari kata zwaartzuur) yang terbuat dari singkong, Tape manis Bondowoso, Kue Bagiak Banyuwangi, Rujak Soto, Rujak Bakso, dan ada juga Sego Tempong.

  • sunting

    1. Tradisi "tompokan", yakni tradisi menyembelih sapi yang dibeli secara patungan untuk menghormati tamu yang berlebaran.

    3. Seni jaranan Jember yang merupakan represetatif kebudayaannya wong tani Jember.

  • sunting

    "Jember itu kota kelahiran saya. Boleh juga dikunjungi karena Jember mempunyai perayaan karnaval, Jember Fashion Carnaval. Jember itu tempat yang indah. Kita harus perkenalkan kalau Indonesia itu negara yang indah dan berbudaya," - Dewi Persik, Penyanyi, Artis.

  • sunting

    Jika mendengar nama Jember, maka Universitas yang langsung terlintas di benak kita tentu Universitas Jember. Universitas Negeri ini bisa dibilang suatu anugerah bagi kota Jember. Bagaimana tidak? Berkat kehadirannya di kota ini, semakin banyak warga yang kuliah di sana, bahkan pelajar dari luar kota Jember. Disebut-sebut Universitas ini mampu memberikan penghidupan dan juga memutar roda ekonomi di kota Jember

    Selain memiliki perguruan tinggi negeri Universitas Jember, masih ada perguruan tinggi lainnya, seperti : STAIN Jember dan Politeknik Negeri Jember, serta beberapa perguruan tinggi swasta yaitu, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Islam Jember, Universitas Moch. Seroedji, STIE Kosgoro, IKIP PGRI Jember, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Mandala Jember, dan masih banyak lagi.

  • sunting

    Jember memiliki even karnaval busana kebanggaan mereka yang dikenal dengan nama 'Jember Fashion Carnaval'. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang merupakan pendiri dari Rumah Mode Dynand Fariz sebagai bentuk realisasinya untuk menjadi pendidik di bidang fashion. Hebatnya, even ini diselenggarakan dengan semacam karnaval fashion seperti layaknya di Rio de Jeneiro, Brazil.

Laporkan Cerita