Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

02 September 2014

Melly Goeslaw

2.6

Rating Pengguna

18 Votes

1 2 3 4 5

Review

(28 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Tampil Beda dalam Balutan Hijab, Raisa Tetap Cantik

Tampil Beda dalam Balutan Hijab, Raisa Tetap Cantik

Penyanyi berparas cantik Raisa Andriana tampil berbeda saat mengisi acara 'World Muslimah 2013' di Balai Sarbini, Jakarta. Sicantik yang biasa tampil seksi dan busana minim, kini tampil dengan balutan hijab yang full color. Tentunya tak mengurangi sedikitpun kecantikannya itu. Ia hadir menghibur paBaca Selengkapnya ..

Melly Goeslaw Membangun Keluarga Penuh Cinta

Melly Goeslaw Membangun Keluarga Penuh Cinta

Meski disibukkan dengan aktivitas di dunia musik, namun bagi penyanyi sekaligus pencipta lagu, Melly Goeslaw, keluarga adalah yang utama. Sejak menikah dengan pasangannya yang juga anggota dari grup musik Potret, Anto Hoed ditahun 1995, dirinya telah berkomitmen membangun keluarga yang penuh cinta. Baca Selengkapnya ..

Cegah Aksi Mesum, Tempat Karaoke Melly Goeslaw Tambah Penerangan

sunting

Musik

Mellyana Goeslaw Hoed, lebih akrab dengan panggilan panggung Melly Goeslaw yang lahir pada 7 Januari 1974 silam ini adalah seorang penyanyi dan penulis lagu berkebangsaan Indonesia yang banyak digandrungi oleh penyanyi-penyanyi lainnya.

Putri tunggal dari pasangan Ersi Sukaesih dan (Alm) Melky Goeslaw serta istri dari Anto Hoed ini telah sukses menciptakan banyak lagu, ia pun seperti itu karena ia mengikuti darah yang mengalir dari ayahnya yang sangat ternama di masa itu, Melky Goeslaw, yang sesungguhnya tak pernah hidup bersama dalam kehidupan anaknya. Tapi memang Tuhan selalu ada jalan untuk membuatnya jadi besar, sebesar talentanya sekarang.

Kini namanya sangat diperhitungkan dalam blantika dunia hiburan di Indonesia dan Malaysia. Ia jago menyanyi, membuat lagu, membuat sountrack film, akting (melalui video klipnya), menulis hingga menjadi produser film. Pikiran dan jiwanya seolah tak pernah berhenti memunculkan karya-karya baru yang tidak saja indah, ngetop, tapi juga mendalam. Tanpa diasah, bakat itu tak pernah ada. Tanpa bekerja ekstra keras keberhasilan itu tak mungkin dirayakan. Begitulah Melly mewujudkan namanya hingga menjadi dirinya kini.

Dulu setiap malam, ia sering mengarungi labirin kesunyian. Melepaskan pikiran yang mengganggu tidurnya. Pikirannya suka menghayal kemana-mana. Ini yang membuatnya nggak tidur-tidur, maka dari itu jadilah insomnia dengan selalu tidur di atas jam 3 pagi. Daya imajinasi Melly sampai sekarang datang dan kian membesar bila malam tiba, saat ia berada dalam kesendirian. Lalu iapun mengisi waktunya dengan nonton film dan membuka internet. Setelah itu,ia menulis. Menulis apa saja yang ada dalam pikirannya saat itu, atau mungkin hasil dari catatan harian yang telah ditulis dari ponselnya.

Pada dasarnya Melly orang yang sangat tertutup. Dan karena itulah ia lebih memilih menulis segala sesuatunya melalui tulisan. Bahkan dengan ibu kandungnya sekalipun, ia juga tak mudah mengutarakan perasaannya. Bila Melly memiliki masalah dengan ibunya, ia pun selalu membuat surat yang ditinggalkannya sebelum berangkat sekolah. Saat marah datang, ia pun sering menumpahkannya pada sepotong kertas yang berisi coret-coret Apa saja, menurutnya ia memang suka yang satu arah yakni menulis dan itu kesannya Melly seperti ngomong sama Tuhan.

Kebiasaan itu sudah terjadi sejak ia duduk di bangku SMP, sahabatnya masa SMA yang kini juga jadi masuk dalam tim managernya, Oya (Rohiyah Abdul Malik) menceritakan. Saat mereka sekolah dulu, menurutnya saat belajar Melly bukannya memperhatikan apa yang diterangkan gurunya, tapi pikirannya tersebut mengembara ke dunianya sendiri. Giliran, disuruh nulis oleh guru, dia kebingungan karena bukunya habis semua untuk memenuhi hasratnya menulis. Melly memang tak hanya bikin lagu, tapi juga bikin cerpen yang sudah diterbitkan Aaaargh (salah satu ceritanya, Tentang Dia, yang sudah difilmkan), ia juga menulis skenario. Belakangan Melly menjadi produser film.

Saat membuat potret bersama suaminya dalam memperbaiki nasibnya. Melly dan Anto tidak mau hidupnya bergantung menjadi player yang bernyanyi di klub-klub. Yang akhirnya berkat kerja kerasnya bersama sang suami ia pun muncul dengan band 'Potret', pada pertengahan tahun 90-an silam. Lirik-lirik nakal yang dihadirkan oleh kelompok band ini, dengan segera disukai masyarakat. Terlebih, penampilan pemilik nama lengkap Meliana Goeslaw ini terbilang cukup nyentrik. Sepertinya, bakat musik penyuka warna hitam dan putih ini didapatnya dari sang ayah, penyanyi senior asal Ambon, Melly Goeslaw.

Ia pun menganut agama Islam setelah menikah dengan Anto pada tahun 1995 silam. Kini mereka dikaruniai dua orang anak lelaki. Anak pertama mereka Anakku Lelaki Hoed (Ale) lahir pada 22 Agustus 2000, disusul anak kedua mereka Pria Bernama Hoed (Abe) yang lahir 9 Mei 2003. Selain telah mengorbitkan banyak penyanyi Melly Goeslaw adalah seorang komposer yang sangat hebat, dia mampu menciptakan lagu - lagu yang tidak kalah hebat, seperti dialbum solonya yang pertama "melly" , Melly mengajak Ari Lasso untuk berduet dengannya, dan lagu tersebut berjudul "Jika", lagu itu sukses dipasaran.

Terbukti, melalui tangan dingin wanita kelahiran Bandung ini, tercipta lagu-lagu hits seperti 'Menghitung Hari', 'Tegar' dan 'Jera'. Namun, meskipun demikian, Melly mengaku jika ia sama sekali tidak bisa membaca not balok. Jika ia sedang dapat inspirasi, ia selalu minta mas Anto untuk menulis notasinya.

Penyanyi yang sering berdandan nyentrik ini sempat 3 tahun fakum dihiburan musik tanah air ini mendapat tawaran soundtrack dengan didampingi suaminya, Anto Hoed. Soundtrack pertamanya "Ada Apa Dengan Cinta" yang sudah mendapat sukses besar di Indonesia, dan soundtracknya pun juga terkenal di berbagai negara salah satunya Malaysia, seperti lagu "Ku Bahagia", "Bimbang", "Ada Apa Dengan Cinta. Dll.

Setelah 5 tahun tidak membuat album solo (2004), Melly Goeslaw mengeluarkan album solonya yang ke-2 yaitu berjudul "Intuisi", bukan Melly Goeslaw namanya kalau tak ada soundtrack, dialbum itu ada 3 lagu yang dijadikan soundtrack dan single dari album itu juga, seperti "Tentang Dia", "Cinta", dan "Biarkan saja ini mengalir".

Di tahun 2008, Melly Goeslow telah menciptakan kreasi lagu yang khusus dibuat untuk Ibu Indonesia yang dengan sepenuh hati membesarkan anak-anak mereka agar menjadi generasi bangsa yang lebih baik dan sehat. Lifebuoy Berbagi Sehat "Ayo cuci tangan dengan sabun" yang didukung juga oleh Iklan TV maupun radio, serta iklan luar ruang. Khusus untuk iklan televisi. Baca Selengkapnya ..

Album Konser

Lihat Semua

Album Kompilasi

Lihat Semua

Album Solo

Lihat Semua

Album Bersama Potret

Lihat Semua
Info Tambahan
Penghargaan
  • sunting

    Dalam penggarapan album Mindnsoulnya, penyuka wewangian 'Angel' Dolce & Gabbana ini pun, merangkul 5 artis remaja untuk bernyanyi bareng dalam single berjudul 'Let's Dance Together'. Melly memang tengah mengerjakan proyek musik barunya dengan Chelsea Olivia, Ayushita, Laudya Chintya Bella, Raffi Ahmad dan Dimas Beck yang tergabung dalam kelompok 'Bukan Bintang Biasa'.
    Selain itu, beberapa lagunya pun sering menjadi ost film tanah air, seperti di film Ada Apa dengan Cinta? (2002), Eiffel I'm in Love (2003), dan Heart 2 Heart (2010). Serta lagu ciptannya pun sering kali menjadi hit kala dinyanyikan oleh para penyanyi ternama tanah air seperti di lagu berjudul "Jika" di mana Melly Goeslaw berduet bersama Ari Lasso, kemudian disusul dengan kesuksesannya menciptakan lagu "Menghitung Hari" yang dibawakan oleh Krisdayanti serta lagu "Hati Yang Terpilih" yang dibawakan oleh Rossa, dan langsung mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Melly Goeslaw kabarnya akan membuka tempat karaoke di kota Solo Baru. Ia menjalankan bisnis hiburannya di Hartono Lifestyle Mall dengan label Melly Glow.

    Dengan mengusung konsep karaoke keluarga, Melly Glow akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas lifestyle seperti coffee shop, internet corner hingga movie room. Tak hanya itu, menurut Melly, wahana karaokenya ini juga didukung sound system dengan kualitas terbaik.
  • sunting

    • 2011 Planet Music Special Award Anugerah Planet Muzik
    • 2007 Pengalaman sebagai Aranger Bali Movie Award
    • 2007 PEngalaman sebagai Aranger Indonesian Movie Award
    • 2007 Penata Musik Terbaik (OST. Heart) Festival Film Indonesia
    • 2005 Penata Musik Terbaik (OST. Eiffel I'm In Love) Festival Film Indonesia (FFI)
    • 2004 Penata Musik Terbaik (OST. AADC?) Festival Film Indonesia (FFI)
    • 2003 The Best Song (AADC?) from PLANET MUZIK AWARDS ‎Malaysia
    • 2002 The Best Song (AADC?) category Pop from AMI-SHARP ‎AWARDS
    • 1999 The Best Interpretation Artist in video Clip "DIAM" ‎
    • 1993 Juara Pertama Bintang Radio TVRI Jawa Barat
    • 1992 Juara Pertama Asia Bagus Singapura ‎ Juara Pertama Cipta Pesona Bintang RCTI
    • 1989 Juara Ketiga Festival Penyanyi Indonesia Populer

Review

Lihat Semua
(28 Review)
  1. Mustopa Ditulis pada tanggal 18 November 2012 23:13

    nih musisi kawakan yang ruaar biasa,karyanya jadi hits terus/

  2. supriyanti Ditulis pada tanggal 29 Agustus 2012 08:06

    mana mbak lagu terbarunya kayanya lbh banyak buat lagu untuk org yah jrang buat dri sendiri

  3. rayati Ditulis pada tanggal 28 Agustus 2012 08:58

    Melly goeslaw keren asik menawan.Lagunya menarik enak untuk di dengar.

Laporkan Cerita