Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

30 Oktober 2014

Front Pembela Islam (FPI)

0

Rating Pengguna

0 Votes

1 2 3 4 5

Review

(3 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Disinyalir FPI Punya Bekingan Asing

Disinyalir FPI Punya Bekingan Asing

Sikap polisi yang sering ragu dalam menindak anggota ormas FPI yang melakukan tindakan anarkis kemungkinan besar karena adanya kekuatan besar yang mendukung ormas tersebut. Peneliti Setara Ismail Hasani mengatakan, kekuatan besar itulah yang membuat polisi harus berpikir panjang sebelum menangkap dBaca Selengkapnya ..

Habib Rizieq: Tanggal 28 Kami Siap Mati Untuk Bubarkan Miss World
Pemimpin FPI Siap Gemparkan Bursas Capres 2014!

Pemimpin FPI Siap Gemparkan Bursas Capres 2014!

Dari dulu sampai sekarang, nama Front Pembela Islam atau yang biasa disingkat sebagai FPI memang tak kunjung padam. Banyak berita mengenai hal-hal yang berbau negative tentang organisasi ini sering hilir-mudik di berbagai stasiun-stasiun televisi di Indonesia menjadikan orang-orang keberatan dengan Baca Selengkapnya ..

sunting

Sejarah Berdiri

LATAR BELAKANG DAN TUJUAN FPI

Front Pembela Islam (FPI) merupakan sebuah organisasi massa islam bergaris keras yang berpusat di Jakarta. Ormas ini didirkan tanggal 17 Agustus 1998, disaat negeri ini sedang bergejolak meneriakkan reformasi. FPI dideklarasikan oleh sejumlah ulama, habib, mubaligh dan aktivis muslim serta ratusan santri dari pondok pesantren Al-Um, Ciputat, Jakarta Selatan. Selain berdiri ketika reformasi, ternyata FPI lahir pasca presiden Soeharto lengser dari kursi kepresidenan.

Kenapa ormas ini ada setelah Soeharto lengser?. Hal ini dikarenakan pada saat pemerintahan orde baru presiden tidak mentolerir tindakan ektrimis dalam bentuk apapun. Karena hal tersebut FPI baru lahir, meskipun FPI memiliki tujuan baik yaitu menenggakkan islam di negara sekuler. Selain itu, FPI juga bertujuan menjadi wadah kerjasama antar ulama dan umat dalam meneggakkan amar ma'ruf nahi munkar (menyerukan kebaikan dan tinggalkan kejahatan) di setiap aspek kehidupan.

Alasan dibalik berdirinya FPI yang dikenal radikal ini diantaranya, dikarenakan bahwa umat islam di Indonesia telah dizolimi oleh oknum militer dan penguasa yang kemudian mereka anggap bahwa pemerintah RI telah melanggar HAM. Kedua karena banyaknya kemaksiatan yang merajalela di seluruh sektor kehidupan. Yang terakhir adanya kewajiban untuk menjaga dan mempertahankan harkat dan martabat islam serta umat islam.

AKSI-AKSI FPI

FPI menjadi sangat terkenal karena aksi-aksinya yang kontroversial sejak tahun 1998, terutama yang dilakukan oleh laskar para militernya yakni Laskar Pembela Islam. Sejumlah serangkaian aksi penutupan klub malam, prostitusi dan tempat-tempat maksiat lainnya. Selain itu, FPI juga sering sweeping warga negara tertentu, konflik dengan organisasi berbasis agama lain. Karena tindakah itulah FPI sering dikritik sebagai ormas yang main hakim sendiri dan merugikan masyarakat.

Bahkan kepolisian yang seharusnya bisa menangani hal ini dianggap tak berdaya, tak heran bila banyak pihak menyebut polri berada di balik eksisnya FPI. Tidak hanya itu, beberapa sumber menyebutkan bahwa FPI dekat dengan petinggi di kalangan Angkatan Darat yang saat ini seluruhnya telah pensiun. Diantaranya mantan Pangkostrad Letjen TNI (purn) Djadja Suparman (dekat dengan Jendral TNI Wiranto), Mayjen TNI (purn) Zacky Anwar Makarin, Mayjen TNI (purn) Kivlan Zein, Jendral TNI (purn) Fachrul Rozi, Letjen TNI (purn) Suaidi M dan Noegroho Djajusman (mantan Kapolda Metro).

Tidak sampai disitu, aksi lainnya yang tak kalah keras juga ditunjukkan oleh FPI. Tentu masyarakat masih ingat dengan insiden Monas yang terjadi pada tanggal 1 Juni 2008. Insiden Monas adalah sebutan media untuk peristiwa penyerangan yang dilakukan FPI terhadap Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKBB). Peristiwa ini menelan korban luka-luka cukup banyak, karena itulah satu hari setelah kejadian Presiden SBY mengadakan rapat koordinasi Polkam untuk membahas aksi kekerasan tersebut. Ketika itu, SBY mengatakan negara tidak boleh kalah dengan prilaku kekerasan dan aksi tersebut telah mencoreng nama bangsa. Karenanya presiden meminta kepada Menkopolhukam saat itu yakni Widodo Adi Sutjipto untuk membina ormas-ormas sesuai dengan UU yang berlaku.

Atas kejadian itu, pihak kepolisian menetapkan Munarman dari Komando Laskar Islam dan pimpinan FPI Habibib Rizieq menjadi tersangkanya. Tanggal 4 Juni 2008, Habib Rizieq resmi menjadi ditahan karena melanggar empat pasal tentang pengeroyokan yang mengakibatkan korban luka. Dalam persidangan, ia dituntut tujuh bulan penjara. Sementara itu, Munarman divonis dengan hukuman satu setengah tahun.

TABLIG AKBAR FPI

Meski dikenal karena aksi kerasnya, ternyata FPI adalah ormas yang konsen menjunjung tinggi ajaran islam. Pada tahun 2002 pada tablig akbar ulang tahun FPI yang juga dihadiri oleh beberapa pejabat dari Kementrian Agama. Dalam pertemuan itu, FPI menuntut agar syariat islam dimasukkan pada pasal 29 UUD 1945 yang berbunyi, “Negara Berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa” dengan menambahkan “kewajiban mejalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya” seperti yang tertera pada butir pertama Piagam Jakarta yang dirumuskan tanggal 22 Juni 1945 ke dalam amandemen UUD 1945 yang sedang dibahas di MPR.

Namun sayangnya usulan FPI ini kurang mendapatkan sambutan positif dari pemerintah. Bila usulan itu diterima maka dikhawatirkan akan memecah belah kesatuan bangsa dan negara, mengingat karakteristik bangsa ini majemuk. Pembentukan organisasi yang berdasarkan syariat islam dan bukan pancasila inilah yang kemudian menjadi wacana pemerintah Indonesia untuk membubarkan ormas islam yang bermasalah pada 2006.

(Dikutip dari berbagai sumber) 

Arti Lambang FPI
Tahukah Kamu
Susunan Pengurus
  • sunting

    • Lambang FPI menggambarkan tasbih yang saling terhubung, dua kalimat basmallah dengan motif bulan, toyyibah dengan motif bintang dan teks FPI yang berfungsi sebagai simbol dari ormas ini.
    • Tasbih berfungsi sebagai tempat kedua yang di dalamnya diisi oleh kalimat toyyibah dan basmallah.
    • Warna putih yang menjadi dasar lambang diartikan sebagai kesucian dan kebenaran dari agama islam yang menjadi tuan ruma bagi FPI.
    • Tasbih memberikan makna tentang kesucian dari 99 nama Tuhan dalam islam (asmaul husna).

  • sunting

    • Tanggal berdiri FPI sama dengan hari kemerdekaan Indonesia yakni tanggal 17 Agustus.
    • Meski dikenal anarkis dan keras, namun FPI tetap konsen membantu umat muslim yang terkena musibah.
    • FPI sering melibatkan diri dalam aktivitas sosial dan kemanusiaan antara lain pengiriman relawan ke daerah bencana tsunami di Aceh, bantuan relawan dan logistik saat bencana gempa di Padang, serta beberapa aktivitas kemanusiaan lainnya.
    • Tanggal 24 Desember 2011 lalu, FPI Cilacap terlihat menjaga dan mengamankan jalannya misa natal di sebuah gereja. Ada sekitar 200 anggota FPI yang menjaga secara bergantian.
    • FPI juga pernah pasang body membela wartawan yang diintimidasi oleh "orang-orang" dari Tommy Winata.

  • sunting

    Ketua Majelis Syura DPP FPI : Habib Muhsin Ahmad Al-Attas
    Ketua Majelis Tandfidzi DPP FPI : Habib Rizieq
    Ketua LPI : Munarman
    Sekretaris Jendral : KH. Ahmad Sabri Lubis

Review

Lihat Semua
(3 Review)
  1. Carolena Amd Ditulis pada tanggal 02 Januari 2013 22:54

    islam itu agama yg populer dan kuat tolong deh dengarkan

  2. Carolena Amd Ditulis pada tanggal 02 Januari 2013 22:54

    itu sudah bertentangan dgn islam

  3. Carolena Amd Ditulis pada tanggal 02 Januari 2013 22:53

    ah pakai front iya kalau bisa kafe 2x mlm atau tempat hiburan tolong deh tutup

Laporkan Cerita