Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

23 Oktober 2014

Alex Noerdin

Galeri

Lihat Semua
1.3

Rating Pengguna

4 Votes

1 2 3 4 5

Review

(4 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Dua Juta Suara Yang Menentukan Karir Politik Alex Noerdin

Dua Juta Suara Yang Menentukan Karir Politik Alex Noerdin

Alex Noerdin jelas bukan nama yang asing di Sumsel. Bagi sebagian orang, Alex Noerdin dianggap sebagai contoh sukses seorang pemimpin. Keberhasilannya menyulap APBD Sekayu dari 300 milyar menjadi 1,6 trilyun telah mengubah kota yang sebelumnya mati menjadi dikenal lebih banyak orang dengan eksplorasBaca Selengkapnya ..

Parah, MK menemukan Alex Noerdin-Ishak manfaatkan APBD buat Pemenangan Pilgub Sumsel
Alex Noerdin: Babak Belur di Jakarta Tapi Berjaya di Kampung Halaman

sunting

Biografi

Alex Noerdin lahir dari seorang pejuang bernama Moehamad Noerdin Pandji, seorang pejuang di masa penjajahan dan dimana keluarga tersebut taat beragama serta penuh kedisiplinan. Tidak heran bila anak ketiga dari tujuh bersaudara ini merangkai perjalanan hidupnya diukir dengan berbagai prestasi. Sejak SD hingga SMA, ia habiskan waktunya di Palembang. Setamatnya dari SMA, ia menyelesaikan kuliahnya dengan meraih dua gelar sarjana dalam waktu yang berdekatan, yakni sarjana teknik dari Universitas Trisakti dan sarjana hukum dari Universitas Atmajaya, Jakarta. Selain itu, sejumlah pendidikan dan pelatihan dari luar negeri pernah dikecapnya, seperti International Training Course in Regional Development Planning.

Setelah menyandang gelar sarjana, bapak tiga anak ini memulai karirnya sebagai staf Bappeda, pegawai negeri sipil di Pemda Tingkat I. Secara perlahan jabatannya terus menanjak hingga menjadi kepala dinas. Pada tahun 1989 oleh Pemda tingkat I Sumatera Selatan, ia diangkat menjadi Kacabdin Pariwisata kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin. Namun tahun 1998, dirinya ditarik kembali ke Pemda tingkat I sebagai Kepala Dinas Pariwisata Palembang. Tahun berikutnya, Alex diangkat menjadi sekretaris daerah kabupaten Musi Banyasin (Muba). Baru dua tahun menjadi Sekda, ia kemudian terpilih menjadi Bupati Muba untuk periode 2001-2006.

Selama menjadi bupati, Alex ternyata mampu membangun Muba menjadi daerah yang maju. Banyak terobosan yang dilakukan olehnya seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Maka tak heran bila pada periode berikutnya, ia masih terpilih menjadi Bupati untuk kedua kalinya periode 2007-2012. Selain menjadi pejabat teras, Alex juga tercatat sebagai kader Partai Golkar. Ia menjabat sebagai Ketua DPD Partai golkar provinsi Sumatera Selatan tahun 2004-2009.

Di tengah masa jabatannya sebagai bupati, pria asli Palembang ini mengikuti pemilihan gubernur Sumatera Selatan. Dalam pemilihan tersebut, ia berhasil mengalahkan saingannya dan dilantik menjadi gubernur untuk periode 2008-2013. Setelah menjadi gubernur, berbagai terobosan mulai digalangkan olehnya. Ia pun melanjutkan tugas gubernur sebelumnya dan program baru yang dibuatnya.

Salah satunya program sekolah gratis dan pelayanan kesehatan gratis misalnya, terus ia perluas hingga seluruh Sumsel. Meski masa jabatannya sebagai gubernur Palembang belum berakhir, Alex tertarik mengikuti Pemilukada DKI Jakarta. Tidak seperti kebanyakan orang yang sukses di bidang karir namun mengorbankan keluarga, Alex Noerdin merupakan sosok kepala keluarga yang baik. Terlihat dari anak-anaknya yang tumbuh dan berkembang menjadi seorang pengusaha dan pengacara.

(sumber : wikipedia) Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Penghargaan
  • sunting

    Meski namanya sudah lama dikenal masyarakat, Alex Noerdin semakin populer setelah penyelenggaraan Sea Games 2011. Dalam ajang olahraga tingkat Asia Tenggara itu penilaian positif dan kepopuleran terus diterimanya. Seperti diketahui, penyelenggaraan Sea Games diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan, dimana Alex adalah gubernur kota tersebut. Dibalik nama bagus itu, ternyata cagub DKI Jakarta ini diduga tersandung korupsi dalam pembangunan wisma atlet Jakabaring, bersama beberapa politisi Partai Demokrat seperti Muhammad Nazaruddin dan Angelina Sondakh.

    Hingga kini penelusuran akan kasus tersebut masih terus dilakukan oleh KPK dan sejumlah tersangka pun telah disidangakan dan mendapatkan hukuman. Meski begitu, Alex menyangkal semua tuduhan tersebut dan mengaku tidak tahu menahu soal dugaan korupsi pada proyek pegadaan wisma atlet. Walau begitu, KPK tetap memanggil dan memeriksanya. Saat mendatangi KPK, lagi-lagi ia membantah jika dirinya dikatakan telah terima fee proyek wisma atlet sebsar 2,5 % dari PT DGI.
  • sunting

    1. Satyalencana Pembangunan bidang pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
    2. Gelar Sultan Agung H Alex NoerdinBanda Adat Munggu dari kerabat adat Munggu.
    3. Penghargaan Tokoh Aparatur Negara Anti Narkoba.

Review

Lihat Semua
(4 Review)
  1. jajat sudrajat Ditulis pada tanggal 05 Juli 2012 09:05

    bang alex, udah jadi gubernur sumsel sekarang pengen jadi gubernur jakarta, tapi optimislah, abang bisa majukan kota jakarta

  2. kulinet Ditulis pada tanggal 04 Juli 2012 10:44

    bukan hanya pak alex nurdin saja semua rival foke juga bilang dia sudah gagal memimpin jakarta

  3. kulinet Ditulis pada tanggal 04 Juli 2012 10:44

    bukan hanya pak alex nurdin saja semua rival foke juga bilang dia sudah gagal memimpin jakarta

Laporkan Cerita