Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

26 Juli 2014

Ruhut Sitompul

Galeri

Lihat Semua
2.9

Rating Pengguna

19 Votes

1 2 3 4 5

Review

(31 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Penolakan Keras Ketika Ruhut Ditunjuk Sebagai Anggota Komisi III
Komisi III DPR Menolak Dipimpin Ruhut Sitompul

Komisi III DPR Menolak Dipimpin Ruhut Sitompul

Siapa yang tidak tahu sosok satu ini? Sosok yang bicaranya keras terkesan arogan yang wajahnya wara-wiri di TV. Ruhut Sitompul adalah anggota DPR RI. Dikenal sebagai loyalis Partai Demokrat (apa loyalis SBY) yang selalu menurut pada apapun keputusan presiden, Ruhut Sitompul diajukan partai biru itu Baca Selengkapnya ..

Ruhut Sitompul Siap Jadi Ketua Komisi III

Ruhut Sitompul Siap Jadi Ketua Komisi III

Apa jadinya kalau Ruhut Sitompul jadi Ketua Komisi Hukum DPR? Wah, yang jelas DPR bakal makin ramai dengan celoteh orang nyentrik ini. Dan sudah bisa dipastikan kalau cemoohan dan protes bakal kian tajam menusuk Partai Demokrat. Tapi tunggu dulu nih, baru-baru ini, anaknya bBaca Selengkapnya ..

sunting

Biografi

Cerita dan Info Biografi dari Ruhut Sitompul. Meski lahir di Medan, namun Banda Aceh menjadi kampung halaman kedua bagi Ruhut Sitompul. Ia menghabiskan masa kecilnya selama 13 tahun di kota Serambi Mekah. Hal itu dikarenakan keluarga Ruhut harus mengikuti dinas sang ayah yang seorang TNI.

Ruhut adalah anak kedua dari empat bersaudara. Ia menyelesaikan pendidikan akademiknya di fakultas hukum Universitas Pandjajaran, Bandung, Jawa Barat. Dirinya menjadi satu dari dua orang yang lulus kuliah hukum hanya dalam waktu empat tahun.

Ketenaran Ruhut Sitompul di masyarakat bermula ketika ia memerankan tokoh si Poltak raja minyak dari Tarutung dalam sebuah sinetron berjudul Gerhana di tahun 1999 - 2003. Bahkan karena sinetron tersebut, ia lebih dikenal dengan nama Poltak dibanding nama aslinya.

Sebenarnya, keterjunan ia ke dunia akting bukanlah hal yang disengaja. Sebelumnya pria batak ini merupakan pengacara dari Starvision, dimana Productions House (PH) tersebut yang memproduksi sinetron Gerhana. Dengan logat batak dan kuncir yang dimilikinya, Ruhut Sitompul menjadi sosok yang dikenal banyak orang. Bahkan bisa dibilang ia menjadi artis yang tiba-tiba melejit namanya.

Ruhut memulai karir politik sewaktu ia menjadi Ketua Biro Pendidikan dan Kaderisasi KNPI Dati I DKI Jaya ditahun 1982 – 1985, kemudian Ketua Biro Pendidikan dan Kursus-kursus Golkar Dati I DKI Jaya dan sampai akhirnya ia bergabung ke dalam Partai Golkar.

Bersama dengan Hotma Sitompul, ia menjadi kuasa hukum bagi Akbar Tandjung dimana politikus Partai Golkar ini sedang tersandung kasus korupsi di Badan Logistk (Bulog) atau lebih dikenal dengan Bulog Gate pada tahun 2000. Akbar pun bebas dari ancaman penjara setelah dibela olehnya.

Usai menjadi kuasa hukum, Ruhut lalu menjadi pendukung loyal bagi Akbar Tandjung untuk pencalonan Ketua Umum Partai Golkar. Dengan link yang dimilikinya, pamor Akbar pun melonjak di masyarakat. Namun sayangnya, kepamoran itu tidak dibarengi dengan hasil suara yang diperoleh. Akbar Tandjung pun akhirnya kalah dalam perebutan kursi ketua umum Partai Golkar yang waktu itu diraih oleh Jusuf Kalla.

Kalahnya kubu Akbar dalam perebutan posisi ketua umum membuat loyalisnya pecah dan banyak yang hengkang serta menyebrang ke partai lain. Ruhut menjadi salah satu yang loncat ke Partai Demokrat. Di tubuh partai berlambang mercy ini, karir politiknya semakin meroket bak meteor.

Ia menjadi salah satu anggota Tim Sembilan yang tugasnya membuat kriteria dan memilih pasangan tepat untuk mendampingi SBY dalam kompetisi pilpres. Latar belakang kedekatnnya dengan Akbar Tandjung, membuat dirinya menjadi mediator aktif antara SBY – Akbar Tandjung ketika besan Hatta Rasaja ini sibuk mencari cawapres. Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
  • sunting

    Setelah hijrah ke Partai Demokrat tahun 2004, nama Ruhut Sitompul semakin berkibar. Bahkan ia sempat menjadi juru bicara dari partai berlambang mercy tersebut. Tidak hanya itu, Ruhut juga termasuk kedalam tim sukses pasangan SBY - Boediono pada pilpres 2009.

    Dengan gaya bicara yang ceplas ceplos Ruhut sering adu mulut dengan sesama politikus. Bahkan menjelang pilpres 2004, ia perang mulut dengan tim sukses dari JK-Wiranto, Fuad Bawazier. Saat itu di sebuah acara diskusi, Ruhut melontarkan pernyataan "Arab tidak pernah membantu Indonesia". Kalimat itu pun langsung menuai protes tidak hanya dari tim sukses JK-Wiranto yang memang keturanan Arab, namun juga dari warga keturunan Arab di Indonesia.

    Terlepas dari kasus tersebut, pada pemilu tahun 2009 lalu, Ruhut masuk menjadi anggota DPR. Ia duduk di komisi III yang membidangi hukum. Melalui komisi inilah, ia tergabung ke dalam tim Bailout Bank Century bersama dengan Bambang Soesatyo.

    Tak hanya dengan politikus dirinya berseturu, bahkan terhadap sesama lawyer ia pernah adu argumen. Seperti diketahui hubungan antara Ruhut dengan Hotman Paris Hutapea tak pernah harmonis sejak pengacara nyentrik itu menjadi kuasa hukum dari Nazaruddin. Dalam suatu kesempatan, ia dipertemukan namun tidak secara langsung dan keduanya pun saling tuding.

    Menurut Ruhut, Hotman telah melanggar kode etik advokat. Keputusan untuk membela Nazar tanpa dibayar adalah salah. Karena seorang pengacara bisa memberikan bantuan pembelaan gratis hanya kepada seseorang yang tidak mampu, bukan seperti nazar yang notabene berlebihan materi.

    Pertengahan tahun lalu, Ruhut dituntut oleh Anna Rudhiantiana Legawati yang tak lain adalah istinya ke Mabes Polri. Ia melapor karena Ruhut mengaku masih perjaka saat menikah dengan wanita lain yang bernama Diana Leovita. Tim kuasa hukum Anna yang dipimpin oleh Hotman Paris Hutapea, menyebarkan selebaran berisi kronologis tersebut. Namun bantahan pun terlontar dari kubu Ruhut. Ia menanggapi laporan itu dengan menyebut sebagai lagu lama.

Review

Lihat Semua
(31 Review)
  1. Mustopa Ditulis pada tanggal 25 November 2012 23:38

    raja minyak dari medan sekarang jadi yudikatif dan legislatif jadi ketua DPP partai lagi.

  2. dedi abdurahman wahab Ditulis pada tanggal 06 November 2012 22:30

    keren banget.. Top

  3. Bebo Ditulis pada tanggal 31 Oktober 2012 23:41

    ini si poltak raja minyak dari medan film gerhana

Laporkan Cerita