Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

21 September 2014

Meriam Bellina

Galeri

Lihat Semua
2.7

Rating Pengguna

9 Votes

1 2 3 4 5

Review

(21 Review)
Tulis Review

sunting

Biografi

Meriam Bellina yang bernama lengkap: Ellisa Meriam Bellina Maria Bamboe; dilahirkan di Bandung, Jawa Barat, 10 April 1965, adalah aktris Indonesia yang serba bisa.

Sebelum menjadi aktris film, anak dari Maria Theresia dan G.H. Bamboe (seorang pembuat kaki palsu) ini sebenarnya ingin menjadi pramugari Garuda Indonesia, tetapi dia keluar dari SMAK Dago Bandung (kelas II) dan menjadi gadis sampul di majalah Gadis. Dari kedua orang tua ada keturunan Barat, yaitu Belanda dan Jerman. Setelah berdomisili di negeri Kanada, Meriam menguasai bahasa Inggris dengan lancar dan mempunyai hobi membaca novel. Logat Indonya termasuk huruf "r" yang diucapkan dengan suara garau berbunyi desah (guttural fricative) seperti orang Belanda maupun Jerman.



Film pertama, Perawan-Perawan dia bintangi waktu masih remaja. Setelah meraih Piala Citra (1984) sebagai Pemeran utama Wanita terbaik dalam film Cinta di Balik Noda (nominasi FFI 1984 cukup berat, ada Christine Hakim, Yenny Rahman, Zoraya Perucha, dan Lidya Kandau), kariernya mulai mencuat dalam film Catatan si Boy. Walaupun berbakat sebagai aktris drama, pada akhir-akhir ini, "Si Mer" lebih aktif dalam sinetron yang bernuansa komedi. Ia kembali mendapatkan piala citra lewat film Taksi di tahun 1990.

Kehidupan pribadinya tidak selancar kariernya di layar putih dan karier lainnya sebagai penyanyi pop (albumnya antara lain Simfoni Rindu, Untuk Sebuah Nama, dan Belajar Menyanyi dengan lagu-lagu andalan seperti Begitu Indah (yang sempat disensor oleh pemerintahan Soeharto karena lirik pesimisnya!), Kerinduan dan terutama lagu-lagu ciptaan Pance F. Pondaag) karena Meriam Bellina telah menikah dan bercerai dua kali dengan produser film. Wajah Indonya (blasteran Makassar-Jawa-Jerman-Sunda-Belanda) telah mengesankan seorang penulis Belanda yang bernama Ivan Wolffers, yang menggambarkan rasa kagum serta obsesinya dalam sebuah novel Liefste, mijn liefste (1992) (Sayang, oh sayangku), yang laris seperti pisang goreng dengan lebih dari 10.000 buku terjual di Belanda sendiri.
Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Penghargaan
  • sunting

    Dalam berperan, Meriam Bellina terbilang berani melakukan adegan panas sehingga dia pernah mendapatkan gelar sebagai Bom Seks Indonesia (Tontonan Roro Mendut (1982) malah telah dibatalkan di Festival Film Indonesia di Tropenmuseum Amsterdam karena peranannya dianggap terlalu sensual) dan karena kepiawaiannya berakting ia juga dijuluki Magma Perfilman Indonesia.

    Mer adalah satu2nya aktris Indonesia yang selalu berkarya tiap bulan tiap tahun tanpa jeda waktu dari tahun 1982 sampai sekarang, belum ada aktris Indonesia yang seproduktif Mer.

    Mer merupakan perpaduan Mutu dan Komersil. Ditengah persaigan panggung entertainment Indonesia, Mer tetap eksis, bukti eksistensinya bisa dilihat di hasil karyanya di bawah ini, tiap tahun selaaalu ada karyanya (film, sinetron, nyanyi, iklan), semua ditangani dengan apik oleh Mer. 3 piala citra menjadi bukti prestasi Mer di dunia film (Cinta di Balik Noda (1984), Taksi (1990), Get Married (2007).

    Di dunia sinetron Mer mendapat Piala Vidia tahun 1994 lewat sinetron Aku Mau Hidup). Banyak aktris yg muncul dan tenggelam, tp Mer tetap eksis dengan peran yg berbeda dan memikat masyarakat Indonesia.
  • sunting

    • Aktris Pendukung Terbaik FFI 2007 (Get Married)
    • Lifetime Achievement Festival Film Jakarta 2007
    • Aktris Sinetron Terpuji Festival Film Bandung 1999 (Jangan Rebut Suamiku)
    • Aktris Terpuji Festival Film Bandung 2004 (Kafir)
    • Best Actress Bali International Film Festival 2004 (Kafir)
    • Aktris Terbaik Drama - Piala Vidia FSI 1994 (Aku Mau Hidup).
    • Aktris Terpuji Festival Film Bandung 1991 (Taksi dan Wanita)
    • Aktris Terbaik FFI 1990 (Taksi)
    • Aktris Terbaik FFI 1984 (Cinta di Balik Noda)

Review

Lihat Semua
(21 Review)
  1. rayati Ditulis pada tanggal 09 September 2012 10:51

    Mariem Belina selalu menjadi yang terbaik untuk penggemar Dan pengagumnya

  2. LYDIA ASTRID C. Ditulis pada tanggal 04 Mei 2012 04:09

    damai is very good..GBU

  3. Dwiana Setia Ditulis pada tanggal 03 Mei 2012 04:27

    heran sama hubungan keduanya ini apakah sebernya?ga jelas banget hdup meriam

Laporkan Cerita