Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

02 Oktober 2014

Prabowo Subianto

Galeri

Lihat Semua
2.6

Rating Pengguna

11 Votes

1 2 3 4 5

Review

(20 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Prabowo Subianto, Mantan tentara yang ingin menjadi Presiden

Prabowo Subianto, Mantan tentara yang ingin menjadi Presiden

Orangnya masih gagah, dengan penampilan tegas khas militer. Prabowo Subianto baru saja pulang dari Malaysia untuk menengok TKI yang terancam hukuman mati di Indonesia. Ga tau deh itu misinya berhasil atau tidak. Mudah-mudahan sih berhasil mempengaruhi pemerintah Malaysia untuk tidak menghukum mati TBaca Selengkapnya ..

Prabowo: Saya Gak Cocok jadi Cawapres

Prabowo: Saya Gak Cocok jadi Cawapres

Criters, jika PDIP berani dan legowo buat majuin Jokowi menjadi capresnya, tentu akan menjadi sebuah keuntungan politik buat partai berlambang banteng ini, misalnya menjadi pendulang suara di pemilihan legislatif nanti. Namun elektabilitas yang terus tinggi diraih Jokowi tenyata membuat Partai GerinBaca Selengkapnya ..

Ini dia! Cara Prabowo Blusukan

Ini dia! Cara Prabowo Blusukan

Criters, ternyata aktifitas turun lapangan atau yang biasa disebut blusukan ga cuma dilakoni Jokowi. Pasalnya kemarin, ada salah satu politisi di Indonesia yang blusukan juga. Adalah Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, yang blusukan dengan menghadiri acara panen raya beras hitam diBaca Selengkapnya ..

sunting

Biografi

Prabowo Subianto lahir dari seorang begawan ekonom Soemitro Djojohadikusumo. Semasa SMA, ia bersekolah di American School in London di tahun 1969. Setelah lulus SMA, ia kembali ke tanah air dan menempuh pendidikan AKABRI Darat Magelang tahun 1970 hingga 1974. Selepas itu ia masuk ke sekolah Staf dan Komando TNI-AD.

Kiprahnya di militer cukup mencuri perhatian banyak orang, bahkan ia dikenal sebagai jendral yang kontroversial. Prestasi dan kontroversinya dimulai saat ia mendaftarkan diri di Akademi Militer Megalang tahun 1970. Sejarah mencatat, pengabdian 24 tahun Prabowo dalam dinas militer tidak hanya mengantarkannya menjadi Jendral berbintang tiga. Namun sekaligus meneguhkan reputasi pribadinya hingga tercatat sebagai salah satu seorang tokoh yang berperan dan menjadi saksi penting dalam sejarah republik.

Cerita keberhasilannya di dunia militer dari tahun 1978 Kapten Prabowo memimpin pasukan Den 28 Kopassus yang ditugaskan membunuh pendiri dan wakil ketua Fretelin, yang saat itu menjabat Perdana Mentri pertama Timor Laste, Nicolau dos Reis Lobato. Pertempuran pun dimulai dan Lobato tertembak di perut saat bertempur. Karena prestasi ini Prabowo mendapatkan kenaikan pangkat. Setelah kembali dari Timor Timur, karir militer bapak satu anak ini terus melejit. Ia diangkat sebagai Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teros (Gultor) Komando Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus).

Pada masanya, ia sempat dikenal sebagai the brightest star, bintang paling bersinar di jajaran militer Indonesia. Dialah jendral termuda yang meraih bintang tiga pada usia 46 tahun dan namanya mulai diperhitungkan, terutama sejak ia menjabat Komandan jenderal Kopassus (1996) dan aktif memelapori pemekaran satu baret merah itu. Dua tahun kemudian, Prabowo dipromosikan menjadi Panglima Kostrad. Namun sayangnya posisi itu hanya dua bulan dipangkunya, karena karirnya harus redup ketika mantan Presiden Soeharto lengser dari jabatannya.

Sehari setelah Soeharto mundur dari kekuasaan (1998), Prabowo yang ketika itu adalah menantunya ikut digusur. Ia dimutasi menjadi Komandan Sesko ABRI, sebelum akhirnya pensiun dini. Selain prestasi, sejumlah dugaan pelanggaran HAM pun telah mewarnai kehidupan karirnya. Mulai dari dugaan percobaan penculikan petinggi militer, pelanggaran HAM di Timor Timur, penculikan aktivis demokrasi, kerusuhan mei 1998 sampai dugaan kudeta yang membuat ia diberhentikan dari jabatannya.

Setelah hiruk pikuk 1998 berlalu, yang berujung dengan berakhirnya masa dinas militernya, ia kemudian terbang ke Inggris sebelum bermukim ke Yordania. Dari sinilah dirinya mulai merintis karier sebagai pengusaha. Sebagai cucu dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, Prabowo sebenarnya tak terlalu asing dengan dunia usaha.

Tak berbeda dengan militer, dunia usaha pun di pegang dengan penuh tanggungjawab dan karirnya cepat melesat pula. Kini ia telah memimpin armada bisnis ibawah payung Nusantara Group. Wilayah usahanya terbentang dari Kalimantan Timur hingga Khazakhstan. Mulai dari kelapa sawit, perikanan, pertanian, bubur kertas hingga minyak dan pertambangan. Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Penghargaan
  • sunting

    Prabowo Subianto pernah menikah dengan Megawati Seokarno Putri menjadi pasangan capres - cawapres di pilpres 2009.

    Bagi sebagian orang, rasanya aneh menyaksikan sosok Prabowo Subianto tanpa seragam militer. Tampil rapi dengan setelah PDH warna kelabu, lelaki setengah abad ini terlihat rileks jika dibandingkan semasa masih dinas dulu.

    (Sumber : tokohindonesia.com)
  • sunting

    • Bintang Kartika Eka Paksi Nararya (Prestasi)
    • Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun
    • Satya Lencana Seroja Ulangan–III
    • Satya Lencana Raksaka Dharma
    • Satya Lencana Dwija Sistha
    • Satya Lencana Wira Karya
    • The First Class The Padin Medal Ops Honor Dari Kamboja
    • Bintang Yudha Dharma Nararya

Review

Lihat Semua
(20 Review)
  1. Carolena Amd Ditulis pada tanggal 02 Januari 2013 22:45

    ya sok amat deh

  2. Mustopa Ditulis pada tanggal 21 November 2012 01:35

    pak bowo nih sekarang lagi naik daun dan digadang gadang akan jadi kandidat kuat pada capres mendatang.

    1 orang setuju review ini dan 0 orang tidak setuju
  3. muhamad wildan musthofa Ditulis pada tanggal 11 Juli 2012 18:39

    pak, yang dicari tuh bukan dunia saja tapi akhirat juga

    1 orang setuju review ini dan 0 orang tidak setuju

Laporkan Cerita