Dapatkan berbagai hadiah langsung dengan mengirimkan komentar dan Ceritamu! Ayo cek di sini!

21 April 2014

Habib Rizieq

Galeri

Lihat Semua
2.6

Rating Pengguna

8 Votes

1 2 3 4 5

Review

(12 Review)
Tulis Review

Cerita

Lihat Semua
Habib Rizieq Nyapres?

Habib Rizieq Nyapres?

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan Front Pembela Islam atau FPI yang sering diberitakan karena kontroversi yang melibatkan organisasi masyarakat ini. FPI akrab dengan aksi sweeping yang mengatasnamakan agama dan ternyata cukup banyak orang yang merasa dirugikan karena tindakan sweepiBaca Selengkapnya ..

Gerindra Minta Habib Rizieq Berkaca

Gerindra Minta Habib Rizieq Berkaca

Timlo.net Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Syihab digadang-gadang maju sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2014. Anggota Dewan Pembina Gerindra, Martin Hutabarat meminta agar Rizieq berkaca terlebih dulu. Martin mengatakan, merupakan sebuah hak bagi setiap warga negara untBaca Selengkapnya ..

Beredar ‘Foto Mesrah’ SBY dan Habib Rizieq

Beredar ‘Foto Mesrah’ SBY dan Habib Rizieq

Mencuap-nya isu FPI ingin dibubarkan ini rentetan dari peristiwa bentrokan antara warga dengan para anggota FPI yang melakukan sweeping tempat maksiat, disaat memasuki Ramadhan di minggu pertama, ternyata membawa dampak buruk bagi perkumpulan orang yang bernama Front Pembela Islam. Banyak opini yangBaca Selengkapnya ..

sunting

Biografi

Muhammad Rizieq Husein Syihab atau yang lebih dikenal Habib Rizieq merupakan anak ke lima dari lima bersaudara yang dilahirankan asli dari tanah betawi atau Jakarta. Ayahnya meninggal dunia ketika ia berumur 11 bulan dan semenjak itulah dirinya tidak dapat mencicipi duduk di bangku pesantren.

Meski begitu, umur empat tahun Rizieq kecil sudah pandai membaca al-qur'an dan mengaji dari mesjid ke mesjid. Sepeninggal ayahnya, sang ibu tetap memperhatikan pendidikannya dan saudara-saudaranya. Sang ibu yang berperan pula sebagai ayah bekerja sebagai penjahit

Semasa kecil Habib Rizieq bersekolah di SDN 1 Petamburan, Jakarta Pusat, lalu melanjutkan ke SMP Pejompongan. Karena jarak rumah dengan sekolah yang cukup jauh, ia pun pindah sekolah di SMP Kristen Bethel Petamburan yang letaknya tak jauh dari rumahnya. Usai dari SMP, ia kembali ke sekolah umum yaitu di SMA 4 Gambir, Jakarta Pusat, dan pindah sekolah ke SMA Islamic Village, Tangerang.

Lulus SMA, dia meneruskan studinya di King Saudi University, Arab Saudi. Ia mengambil jurusan studi agama silam (fikih dan Usnul) yang diselesaikan dalam waktu empat tahun dan mendapatkan predikat cum-laude. Titel sarjana saja dirasakan kurang olehnya, ia pun mengambil studi kembali di Malaysia tepatnya di Universitas Antar-Bangsa dengan penjurusan studi agama islam.

Usai menamatkan pendidikannya hingga pasca saraja, Rizieq pernah menjadi kepala sekolah di sebuah Madrasah Aliyah Jamiat Kheir. Tak hanya itu diberbagai organisasi pun, ia selalu menjadi ketuanya seperti menjadi Dewan Syariat BPRS At-Taqwa, Pimpinan / Pembina sejumlah majelis Tal'lim se jabodetabek, dan sampai pada akhirnya menjadi Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI).

FPI sendiri dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1998. FPI adalah sebuah organisasi massa islam bergaris keras yang berpusat di Jakarta. Selain beberapa kelompok internal yang disebut FPI sebagai sayap juang, ormas ini juga memiliki kelompok Laskar Pembela Islam kelompok paramiliter dari organisasi tersebut yang kontroversial karena melakukan aksi-aksi "penertiban" (sweaping) terhadap kegiatan yang dianggap maksiat atau bertentangan dengan syariat islam terutama pada masa ramadhan dan sering kali berujung pada kekerasan.

Sementara itu, nama Habib Rizieq sendiri mencuat sejak meletusnya kasus Ketapang, Jakarta pada tanggal 22 Novermebr 1998 lalu. Kala itu sekitar 200 anggota FPI bentrok dengan ratusan preman. Bentrokan itu dilatarbelakangi oleh masalah suku, agama, ras dan antar golongan yang mengakibatkan beberapa rumah warga dan rumah ibadah terbakar serta menelan korban jiwa.

Selain itu pasca tragedi World Treade Centre, sang Habib bersama anggota FPI giat melakukan kampanye anti Amerika dan mengutuk penyerangan negara adi kuasa itu terhadap Afganistan. Bahkan ia mengajak anak dan keluarganya untuk tidak lagi memakan makanan di restoran cepat saji MCD dan Kentucky serta memboikot semua produk Amerika. FPI juga melakukan sweping terhadap warga negeri tersebut dan gencar melakukan razia ke tempat-tempat hiburan yang berbau prostitusi. Baca Selengkapnya ..

Info Tambahan
Anggota Keluarga
  • sunting

    Habib Rieziq resmi ditahan oleh kepolisian sebagai akibat dari peristiwa Monas tanggal 1 Juni 2008 lalu atas bentrokan antara Laskar Komando dan AKKBB. Lalu ia dipenjara dengan tuduhan melindungi dan menyembunyikan sejumlah pelaku kejahatan sesuai dengan pasal 221 KUHP dan pasal 160 KUHP tentang penghasutan.

    Meski dipenjara, ia tetap teguh dengan prinsip dan keyakinan untuk tetap menolak Ahmadiyah. Suaranya masih lantang dan menggelegar menolak adanya ajaran Ahmadiyah. Bahkan belakangan dia tak mau lagi menjawab pertanyaan penyidik sebelum kepolisian juga memeriksa AKKBB termasuk almarhum Abdurrahman Wahid yang menjadi pembela Ahmadiyah sekaligus disinyalir sebagai pihak yang memprovokasi sehingga sampai terjadi bentrokan Monas.

    Tahun 2003, Habib Rieziq juga pernah berurusan dengan pihak kepolisian. Tepatnya saat anak buah pengusaha Tommy Winata yang bernama David A Miau di Polres Jakarta Pusat usai terjadi penggrebekan kantor majalah Tempo. Saking kesalnya ditangkap aparat sempat keluar ucapan dari mulut David bahwa ia merupakan penyumbang Polres Jakpus dari uang hasil judi.

    David juga mengaku mampu mengatur Kapolda Metro Jaya. Sebagai buktinya, saat itu David menyuruh Kapolda untuk bicara dengan Kapolres Jakpus via telepom genggamnya. Mengetahui keadaan ini Habib geram. Selain membela Tempo, dia juga bersuara lantang dengan mengatakan bahwa kepolisian kita tak ubahnya bagai mafioso karena bahu-membahu dengan pelaku kejahatan.

    Buntutnya tahun 2003 Habib Rizieq divonis bersalah oleh pengadikan dan dipenjara selama 7 bulan dengan tuduhan telah menghasut dan menghina pemerintah (dalam hal ini jajaran kepolisian). Meski saat itu akhirnya ia berada di balik jeruji besi, Habib Rizieq tetap tak berubah. Sebagai seorang juru da'wah, dia juga terus mengajar.

    Bahkan dia sampai mendirikan pesantren khusus untuk narapidana yang diberinya nama Pesantren At-Tawwabin. Bersama-sama dengan Amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Ustadz Abu Bakar Ba'asyir yang saat itu juga berada di Rutan Salemba mereka membina santri narapidana yang jumlahnya mencapai 700-an orang.

  • sunting

    Ayah : Habib Husein bin Muhammad Shihab

    Ibu : Syarifah Sidah Alatas

    Istri : Umi Syarifah Fadlun

    Anak : 1. Humara Syihab
    2. Zulfa Syihab
    3. Najwa Syihab
    4. Muntaz Syihab
    5. Rufaida Syihab

Review

Lihat Semua
(12 Review)
  1. novach Ditulis pada tanggal 19 Juni 2012 10:59

    bukan fpi yang salah... tapi oknum yang menamakan fpi... tapi apa jadinya Indonesia tanpa fpi??? pasti adat Timur hilang dan maraknya free sex, aborsi, clubbing, dll...

  2. bongabonga Ditulis pada tanggal 03 Mei 2012 06:07

    tetep konsisten ya Habib, biarkan musuh-musuh Islam berkoar dan menentangmu, anggap saja itu ujian bagi keimanan Habib ... maju terus FPI

  3. Muhammad Iqbal Fauzan Ditulis pada tanggal 03 Mei 2012 04:18

    pembela islam harus kita dukung tapi jangan yang anarkis yah

Laporkan Cerita